Pelatihan Confined Space Entry untuk Minimalkan Potensi Kecelakaan

user
Nugroho 20 Desember 2022, 16:48 WIB
untitled

Suarabanyuurip.com - d suko nugroho

Blora - Pekerjaan di ruang terbatas perlu keahlian dan kompetensi khusus karena mempunyai karakteristik tertentu seperti konstruksi ruangan yang terbatas untuk seseorang memasukinya dan melakukan kegiatan.

Untuk meminimalkan potensi bahaya tersebut, maka Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) mengadakan pelatihan Confined Space Entry untuk pekerja di bidang ini selama dua hari dimulai pada Kamis (9/12/20×2).

Restu Anditomo, pengajar pada pelatihan ini menyampaikan ada pekerjaan yang termasuk dalam pekerjaan ini. Yakni pemeliharaan (pencucian dan pembersihan), pemeriksaan, pengelasan, pelapisan dan pelindungan karat, perbaikan, penyelamatan pekerja yang cidera di ruang terbatas, dan lainnya.

"Sehingga kita sudah bisa membayangkan potensi bahay bekerja di sana,” terangnya.

Menurutnya potensi bahaya pada pekerjaan ini sangat beragam yaitu kehabisan oksigen, adanya gas di dalam ruangan yang mudah terbakar atau meledak, lantai yang licin, adanya perbedaan suhu yang ekstrim, adanya gas beracun dan beragam potensi lainnya.

"Untuk itu wajib bagi seseorang yang bekerja di Confined Space Entry untuk secara rutin dan berkala mendapat pelatihan dan sertifikasi kompetensi untuk meminimalisir death risk," pungkasnya.(adv/suko)

Kredit

Bagikan