PPSDM Migas Gelar Cepu Fire Rescue Day pada Puncak Hari Ulang Tahunnya ke-57

user
Nugroho 10 Januari 2023, 10:48 WIB
untitled

Suarabanyuurip.com - d suko nugroho

Blora - Sebanyak 127 tim penyelamat dan tim pemadam kebakaran dari belasan Kabupaten di Jawa Tengah dan Jawa Timur, serta perusahaan minyak bergabung di Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas).

Mereka mengikuti acara Cepu Fire Rescue Day untuk menyatukan misi dan visi dalam merespon darurat bencana di wilayah sekitar Jawa Timur dan Jawa Tengah. Kegiatan dilaksanakan di halaman Kantor Besar PPSDM Migas di Jalan Sorogo Nomor 1 Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, pada Senin (9/1/2023).

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan dalam Cepu Fire Rescue Day di halaman PPSDM Migas.
© 2023 suarabanyuurip.com/Dok.PPSDM Migas

Kepala PPSDM Migas, Waskito Tunggul Nusanto menjelaskan bahwa Cepu Fire Rescue Day ini dimulai dengan konvoi mobil pemadam kebakaran keliling kota Cepu dimulai dari halaman Kantor PPSDM Migas. Kemudian dilanjutkan dua kegiatan yang dilakukan bersamaan yaitu Combat Challenge yakni beradu cepat melewati banyak rintangan untuk menguji stamina dan ketangkasan sebagai petugas pemadam kebakaran.

"Sehingga jika terjadi kebakaran, bisa dengan cepat dan tangkas melakukan pemadaman api,” tegasnya.

Tim penyelamat dan tim pemadam kebakaran dari belasan Kabupaten di Jawa Tengah dan Jawa Timur saat apel dalam kegiatan Cepu Fire Rescue Day.
© 2023 suarabanyuurip.com/Dok.PPSDM Migas

Waskito Tunggul menambahkan bahwa kegiatan satunya adalah Focus Group Discussion (FGD) untuk mengantisipasi munculnya potensi bahaya terutama di industri migas dengan tema “Penyiapan Organisasi dalam Mengantisipasi Keadaan Darurat”.

“Dalam dunia industri yang sangat komplek serta memiliki karakteristik high risk dan high technology, potensi bahaya yang mengikuti sangatlah besar, termasuk apabila terjadi bencana. Dalam hal ini tim tanggap darurat dituntut untuk selalu siap apabila terjadi keadaan darurat maupun bencana,” jelasnya.

“Untuk itu, apabila ada keadaan darurat atau bencana tersebut terjadi dalam eskalasi yang sangat besar, tidak akan bisa ditanggulangi oleh unit atau organisasi tanggap darurat dari masing-masing instansi, melainkan membutuhkan kerja sama antar unit atau organisasi untuk menjadi super team dalam merespon dan menanggulangi keadaan darurat atau bencana,” tambahnya.

Tim gabungan pemadam kebakaran sedang melakukan pemadaman api dalam kegiatan Cepu Fire Rescue Day.
© 2023 suarabanyuurip.com/Dok.PPSDM Migas

Disampaikan bahwa rangakaian acara Cepu Fire Rescue Day selanjutnya adalah Latihan Gabungan Pemadam Kebakaran. Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme para patugas pemadam kebakaran dan juga merupakan upaya antisipasi apabila terjadi kebakaran di suatu tempat maka akan dengan mudah untuk melakukan koordinasi untuk menanggulanginya.

"Acara ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan HUT PPSDM Migas yang ke-57 dengan dihadiri 127 personel dari Rescue Team dan Fire Fighter Team dari Jawa Tengah dan Jawa Timur," pungkasnya.(adv/suko)

Kredit

Bagikan