Buka Peluang Kerja Sama, UIN Raden Mas Said Surakarta Kunjungi PPSDM Migas

user
Nugroho 18 Januari 2023, 08:55 WIB
untitled

Suarabanyuurip.com - d suko nugroho

Blora - Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said Surakarta mengunjungi Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) pada Senin, 16 Januari 2023.

Kunjungan tersebut dilaksanakan dalam rangka monitoring guna memantau mahasiswa UIN Raden Mas Said Surakarta yang sedang menjalani Praktik Kerja Lapangan (PKL) di PPSDM Migas. Selain itu, kunjungan tersebut juga dimaksudkan untuk membuka peluang kerja sama antar kedua instansi, khususnya berkaitan dengan program PKL, dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), serta kunjungan industri.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh perwakilan dari kedua instansi yang dalam hal ini UIN Raden Mas Said Surakarta diwakili oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), M. Rahmawan Arifin atau akrab disapa Ivan; Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan, Roro Retnaningsih; dan Ketua Program Studi (Prodi) Manajemen Bisnis Syariah, Khairul Imam.

Rombongan UIN Raden Mas Said Surakarta diterima oleh Natalia Maharani selaku Sub Koordinator Kerja Sama dan Pengembangan PPSDM Migas beserta tim.

Ivan dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih kepada PPSDM Migas yang telah menerima mahasiswanya untuk melaksanakan PKL di PPSDM Migas, meski mereka bukan berasal dari prodi yang berkaitan dengan subsektor migas.

"Maksud kehadiran kami, untuk melakukan monitoring dan evaluasi. Kami, tentunya ingin silaturahmi. Jadi, jangan sampai mahasiswa kita lepas begitu saja. Apalagi ini kan satu rintisan baru, dengan harapan selanjutnya adalah kalau ada rintisan kerja sama. Mungkin ke depan kalau diperkenankan kita bisa diterima untuk kegiatan PKL, kemudian yang kedua itu adalah mungkin ada kunjungan industri," ujarnya.

Sementara itu, Natali mewakili PPSDM Migas dalam sambutannya menyampaikan beberapa hal, di antaranya klarifikasi berkaitan dengan tugas dan fungsi PPSDM Migas yang mungkin salah dipahami oleh beberapa orang.

Natalie menjelaskan bahwa PPSDM Migas bukan seperti perusahaan industri migas pada umumnya layaknya Pertamina. PPSDM Migas adalah instansi pemerintah di bawah Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) dengan menyelenggarakan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di subsektor migas, seperti penyelenggaraan pelatihan dan ujian sertifikasi. Selain itu, PPSDM Migas juga memfasilitasi para mahasiswa untuk PKL dengan kuota yang telah ditentukan pada masing-masing bidang kerja.

"Kaitannya dengan adik-adik UIN mendaftarnya kan di jurusan perkantoran. Nah kebetulan di tempat kami itu selain jurusan-jurusan yang ada hubungannya dengan migas, kami juga ada jurusan perkantoran yang masih relevan dengan adik-adik dari UIN, sehingga mereka bisa terjun langsung di dunia yang hubungan dengan administrasi. Kami membuka kesempatan terkait hal tersebut" ungkapnya.

Harapannya dengan kunjungan untuk pertama kalinya di PPSDM Migas ini, dapat dilanjutkan dengan kegiatan-kegiatan yang lain untuk proses pengembangan SDM UIN Raden Mas Said Surakarta serta kesiapan PPSDM Migas untuk terus mendukung program ini.(adv/suko)

Kredit

Bagikan