Gelar Pameran Visual di Penghujung Tahun

user
samian 31 Desember 2016, 10:21 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.comRirin Wedia

Bojonegoro - Kelompok Kerja Kebudayaan Bojonegoro, Jawa Timur, akan menggelar pameran visual bertemakan Eksibisi Budaya di Pujasera Doeloer Pitoe yang berlokasi di barat SPBU Jetak Sabtu (31/12/2016) malam nanti.

Menariknya, salah satu pelukis dari Bojonegoro yang juga kreator komik, Handoko S bakal membocorkan sekuel dua cerita bergambarnya (cergam) yang baru akan diterbitkan pada tahun 2017 nanti.

"Beliau juga akan hadir, disitu dapat berbagi pengetahuan tentang bagaimana menggambar," ujar Agus Sighro selaku koordinator, melalui pers rilis yang dikirimkan kepada Suarabanyuurip.com, Sabtu (31/12/2016)

Kegiatan yang memajang berbagai karya visual, mulai dari foto, sketsa, lukisan, gambar, hingga syair dan puisi grafis tersebut dikatakan sebagai langkah nyata dalam melakukan pengumpulan dan pelestarian budaya lokal dengan menggunakan media visual.

"Ada beberapa karya yang mungkin secara nyata keberadaannya jarang dijumpai atau bahkan belum pernah disinggahi oleh generasi saat ini. Misalnya wayang krucil, serta panorama eksotis di pelosok Bojonegoro yang mengandung nilai-nilai budaya lokal seperti Batu Punakawan," tambahnya.

Beberapa wartawan juga ikut serta berpartisipasi dalam pameran yang rencananya bakal dikelilingkan secara rutin dan dibukukan tersebut, bahkan Ketua Lesbumi NU provinsi Jawa Timur pun memberikan apresiasi dengan menyumbangkan karya fotonya.

Diharapkan, pameran tersebut dapat menjadi kebiasaan baru di Bojonegoro, khususnya saat waktu-waktu khusus.

"Contohnya malam pergantian tahun, semoga stigma pesta miras, pesta seks, kebut-kebutan, hura-hura, tawuran yang selalu mewarnai tahun baru dapat terkikis dengan kegiatan budaya seperti ini," pungkasnya

Kredit

Bagikan