Jalan Menuju JTB Dibangun PEPC, Warga Rasakan Kemulusannya

user
samian 24 Desember 2021, 20:41 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - Sami'an Sasongko

Bojonegoro - Meski belum tuntas pembangunannya, namun warga masyarakat sekitar lapangan Unitisasi Gas Jambaran-Tiung Biru (JTB) kini telah merasakan manfaatnya dengan dibangunnya jalan beton (rigid pavement) menuju lokasi proyek Gas JTB oleh Pertamina EP Cepu (PEPC).

Mengingat jalan yang juga sebagai poros Kecamatan Ngasem-Gayam tersebut selama ini banyak dikeluhkan warga karena rusak parah. Selain itu jalan yang berada di wilayah hutan Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bojonegoro ini juga menjadi akses utama bagi warga sekitar beraktivitas menuju lahan pertanian.

"Meski belum selesai pembangunannya, namun saat ini manfaat dari kemulusan jalannya sudah dirasakan warga sekitar. Arus lalu lintas sudah lancar, tentu kedepan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat," kata seorang warga Desa Mojodelik, Kecamatan Gayam, Didik, kepada SuaraBanyuurip.com, Jumat (24/12/2021).

Dengan sudah mulusnya jalan tersebut, lanjut Didik, diharapkan semua pihak perlu saling menjaga dan mematuhi aturan berkendara. Artinya jangan kebut-kebutan yang berakibat pada terjadinya kecelakaan. Karena banyak warga sekitar yang beraktivitas ke lahan petanian. Selain itu tak sedikit pula warga yang berlalu lalang di wisata Phutuk Kreweng.

"Harapan saya, ya jangan ngebut dalam berkendara. Karena banyak petani yang melintas dan warga yang keluar masuk wisata Phutuk Kreweng," saran warga ring satu ladang minyak Banyu Urip, Blok Cepu.

Senada diungkapkan Parti (65). Petani sekitar proyek JTB ini berharap agar pengguna jalan baik tenaga kerja proyek JTB maupun yang lainnya untuk tidak kebut kebutan dalam berkendara. Karena sangat berbahaya, selain banyak tikungannya juga banyak warga sekitar berangkat dan pulang bertani.

"Tentu saya senang jalannya dibangun. Karena menjadikan arus lalu lintas lancar, sehingga kedepan dapat memudahkan para petani mengangkut hasil penen," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, Pertamina EP Cepu membangun jalan beton (rigid pavement) menuju Lapangan Gas Jambaran - Tiung Biru (JTB) yang selama ini menjadi akses utama warga sekitar. Diharapkan dengan pembangunan jalan ini dapat memperlancar aktivitas dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Proyek peningkatan kualitas jalan yang dikerjakan sepanjang 4,7 kilo meter (KM). Mulai Dusun Gledekan, Desa Mojodelik, Kecamatan Gayam - Bandungrejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

JTB Site Office & PGA Manager, Edy Purnomo menjelaskan, proyek peningkatkan kualitas jalan Gledekan - Bandungrejo ini dibagi dua tahap. Tahap pertama, pekerjaan dimulai dari titik nol (Gledekan) sampai sepanjang 2,5 Km.

Pekerjaan telah dimulai pada akhir Juni 2021 lalu, dan sekarang ini telah mencapai 72%. Sementara pekerjaan tahap ke II dari 2,5 Km sampai depan Gate III JTB atau sepanjang 2,2 Km dikerjakan pada bulan Desember ini.

"Semua pekerjaan ditargetkan selesai Pebruari 2022 mendatang," ujar Edy Purnomo.(sam)

Credits

Bagikan