Mata Pencaharian Penduduk Bojonegoro Didominasi dari Pertanian

user
nugroho 03 Juni 2022, 01:02 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com -  Joko Kuncoro

Bojonegoro - Sekalipun menjadi daerah penghasil migas terbesar di Indonesia, mata pencaharian masyarakat Bojonegoro, Jawa Timur, hingga kini masih didominasi dari pertanian dibandingkan bidang perindustrian. Sebab, kondisi Bojonegoro sendiri masih didominasi perusahaan kecil dan menengah.

"Luas areal lahan pertanian mencapai 83 ribu hektare. Sehingga, rata-rata penduduk Bojonegoro mata pencahariannya pertanian," kata Kabid Tenaga Kerja dan Transmigrasi Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kabupaten Bojonegoro Slamet.

Dia mengatakan, dibandingkan dengan pekerjaan lainnya mata pencaharian pertanian diurutan pertama, yakni sebanyak 310.388 penduduk. Sementara, diurutan kedua ada mata pencaharian bidang jasa sebanyak 159.647 penduduk, bidang perdagangan 117.354 penduduk, dan bidang buruh 114.723 penduduk.

"Terakhir dibidang industri sebanyak 55.381 penduduk dan bidang lain 222.140 penduduk," ujarnya, Kamis (2/6/2022).

Dia mengatakan, rata-rata masyarakat Bojonegoro pekerjaannya sebagai petani karena juga didukung dengan luas areal lahan pertanian. Namun, juga kondisi Kabupaten Bojonegoro didominasi perusahaan kecil dan menengah. Sehingga belum banyak penduduk Bojonegoro yang bekerja di perindustrian.

"Sementara jumlah penduduk di Bojonegoro sendiri sekitar 1.301.635 orang," tandasnya.

Untuk diketahui, Bojonegoro merupakan kabupaten penghasil migas terbesar di Indonesia. 30% produksi minyak nasional disumbang dari kabupaten ini.(jk)

Credits

Bagikan