Pemuda Blora Bidik Usaha Pengolahan Limbah Industri

user
nugroho 22 Mei 2022, 11:39 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Blora - Pemuda di Kabupaten Blora, Jawa Tengah mulai membidik usaha pengolahan limbah industri menjadi produk bernilai tinggi. Melalui usaha ini diharapkan nantinya dapat mengentaskan pengangguran sekaligus memberikan pendapatan.

Pengolahan limbah industri sekarang ini sedang dirintis DPC Barisan Muda Wirausaha Indonesia (BMWI) Kabupaten Blora. Wadah wirausahawan muda itu memberikan pelatihan kepada 100 pemuda dari desa-desa yang tersebar di wilayah Blora.

"Mereka kita latih mengolah limbah industri menjadi kerajinan. Pelatihan sudah kita laksnakan di BLK Blora," ujar Ketua DPC BMWI Blora, Roy Kurniadi.

Roy berharap melalui pelatihan ini para pemuda memiliki keterampilan membuat produk bernilai dari pengolahan limbah.

"Targetnya bisa mengurangi pengangguran dan bisa meningkatkan kesejahteraan," tegasnya.

Ketua Apdesi, Agung Heri Susanto berharap pemuda-pemuda yang dilatih nantinya bisa menjadi pionir atau contoh di desa maupun Kecamatan.

"Kami harap nanti ada evaluasi pasca pelatihan ini, dan kami nanti bersama kades akan melihat apa hasil yang dilakukan pelatihan ini," sambungnya.

Agung juga meminta para peserta untuk menunjukkan hasil karya nyata sehingga semua pelatihan yang dilakukan kedepan bisa bermanfaat dalam kemajuan kegiatan di desa dan mampu memberikan sumbangsih untuk Blora.

Bupati Blora, Arief Rohman berharap, upaya pemanfaatan limbah industri di Blora yang sedang dirintis bisa entaskan pengangguran dan menghasilkan pendapatan bagi warga.

"Ini langkah inovatif bagi masyarakat kita," tegasnya.

Diakui, pelatihan pemanfaatan limbah yang dilakukan oleh para pemuda, ini tentu akan sangat bermanfaat. Karena itu, Bupati Arief meminta dinas terkait bisa mendampingi dalam pelatihan, mengingat potensi UKM di Blora bagus untuk dikembangkan.

"Saya berharap nantinya akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Mami juga tunggu setelah pelatihan nanti bisa dipraktekan dan terlihat hasilnya," pungkasnya.(suko)





Credits

Bagikan