Cegah PMK, KTT Wilsumbit Tambakrejo Semprot Disinfektan di Kandang Sapi

user
nugroho 21 Mei 2022, 19:22 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - Joko Kuncoro

Bojonegoro - Kelompok tani ternak (KTT) di wilayah sumber bibit (Wilsumbit) Kecamatan Tambakrejo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur melakukan penyemprotan kandang sapi. Penyemprotan dilakukan untuk mencegah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada sapi.

Ketua Kelompok Sumber Rejeki, Desa Sendangrejo, Kecamatan Tambakrejo Panca Yuswanto mengatakan, penyemprotan disinfektan di kandang sapi dilakukan secara mandiri untuk mencegah PMK. Tentu gerakan antisipasi ini, untuk penyelamatan hewan ternak sapi yang berada di lingkungan kelompok ternak.

"PMK ini menjadi perhatian penting bagi kelompok ternak sapi untuk melakukan kegiatan pencegahan. Agar hewan ternak terhindar dari PMK," katanya, Sabtu (21/5/2022).

Ketua Kelompok Ternak Ustan Mandiri, Muhammad Ali, menambahkan telah melakukan beberapa antisipasi untuk mencegah PMK ini. Salah satunya rutin melakukan pembersihan dan penyemprotan kadang sapi selama seminggu sekali.

"Tadi melakukan penyemprotan disinfektan di kadang sapi Kelompok Sumber Rejeki. Juga memberikan vitamin B-Plex Polus untuk menjaga kesehatan sapi agar terhindar dari PMK," katanya.

Dia mengatakan, para peternak sapi harus selalu menjaga kebersihan kandang sapi. Juga jangan sampai membeli sapi dari luar Bojonegoro. Hal ini untuk mencegah sapi-sapi yang ada di Bojonegoro tertular PMK.

"Tapi peternak sapi jangan khawatir karena PMK ini dapat diobati dan tidak menular pada manusia," katanya.

Sementara itu, Petugas Teknis Peternakan (PTP) Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bojonegoro, Lilik Sulistya, mengatakan penyemprotan disinfektan di kandang sapi merupakan kegiatan gerak cepat tanpa menunggu instruksi dari dinas untuk melakuakan kegiatan tersebut.

“Saya mengharapkan semua kelompok tani ternak (KTT) yang berada di wilsumbit Tambakrejo segera melakukan hal yang sama," katanya.(jk)

Credits

Bagikan