Canangkan KRPL untuk Petani Kilang Tuban

Kadis pertanian Murtadji

SuaraBanyuurip.com - Ali Imron

Tuban – Menindaklanjuti rekomendasi tim Surveyor yang diterjunkan Bupati Tuban, Jawa Timur, Fathul Huda, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Tuban mencanangkan program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) untuk petani sekitar proyek Kilang Tuban. Terobosan ini sebagai langkah awal mengalihkan petani untuk mengembangkan tanaman Hortikultura.

“KRPL merupakan salah satu solusi bagi petani di Kecamatan Jenu,” ujar kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Tuban, Murtadji, kepada suarabanyuurip.com, Kamis (4/5/2017).

Secara perlahan setiap petani bakal dilatih menanam cabai, dan sayur-mayur di pekarangan rumahnya. Ketika sudah panen akan dipasok ke vendor penyuplai logistik tenaga kerja kilang yang mencapai puluhan ribu orang.

Setelah ada kejelasan siapa vendor logistik, Murtadji bakal langsung mensinergikan programnya. Mulai dari kewajiban membeli bahan makanan, hingga pematokan kepastian harga pembelian bahan olahan dari KRPL.

“Ketika program ini sukses kami optimis petani sekitar kilang ekonominya meningkat,” imbuh mantan Camat Bancar ini.

Sebelumnya Bupati Tuban, Fathul Huda telah meminta Pertamina menindaklanjuti hal tersebut. Nantinya dalam skema sinergi ini, Pertamina-Rosneft menjadi payung yang menjebatani Pemkab Tuban.

Baca Juga :   Gelar Pertemuan Rutin Bahas Peluang Usaha

Hanya saja sampai kini belum ada kepastian dari Pertamina. Kontrak di berbagai bidang juga belum diteken, mulai pendidikan, ekonomi, tenaga kerja, hingga sosial lingkungan. (Aim)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA BANYUURIP

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *