Pemkab Patenkan Motif Batik Bandeng Lele

user
samian 16 April 2016, 15:21 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.comTotok Martono

Lamongan - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamongan, Jawa Timur berniat mematenkan motif batik bandeng lele. Sehingga benar-benar menjadi identitas khas dari budaya Lamongan. Selain itu juga untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

“Saya berharap motif bandeng lele ini agar dipatenkan. Sehingga benar-benar menjadi identitas dari budaya Lamongan,“ kata Bupati Lamongan Fadeli, kepada Suarabanyuurip.com.

Motif batik bandeng lele itu sudah dilombakan sejak tahun 2012, dan terus memunculkan berbagai variasi motif yang unik.

“Lomba seperti ini dapat memberikan motivasi kepada para pembatik di Lamongan semakin meningkat," tuturnya.

Peningkatan itu terbukti dari jumlah pembatik di Lamongan yang saat ini sudah mencapai 467 pengrajin batik. "Sebagian besar berada di Desa Sendang Dhuwur dan Sendang Agung di Paciran,“ jelas Fadeli.

Sementara, Mahdi Ja’far dari Balai Besar Kerajinan dan Batik Yogyakarta saat di Lamongan beberapa waktu lalu mengenalkan metode baru pembuatan batik dengan teknik batik screen. Teknki ini mirip dengan cetak sablon, namun menggunakan lilin cair dingin sebagai pasta print.

Menurut dia, proses pembatikan dengan teknik ini lebih cepat, 4-5 menit untuk satu produk dan minim penggunaan tenaga kerja dan relative murah.

"Namun pembatik harus menginvestasikan pembelian peralatan yang relatif mahal, dan butuh waktu dua jam untuk kering jika tanpa menggunakan mesin pengering," ungkapnya.

Menurut Kepala Dinas Koperasi Industri dan Perdagangan (Diskopindag) Lamongan Gunadi, tahun ini ada 199 peserta lomba desain motif batik dari kategori umum, yang naik dari peserta tahun lalu sebanyak 139 orang.

Dari kategori umum, yang mendapatkan juara I yakni Tutik Handayani dengan karya Blarak Anyaman Bandeng Lele, Juara II Lailatul Fitriyah dengan karya Pusaka Singo Mengkok Bandeng Lele, dan Juara III Lathifah Lutfiana dengan Karya Bandeng Lele dan Melati Bersinar.

Sedangkaan tingkat SLTA, Juara I oleh Yeni Dwi Jayanti dari SMA Muhammadiyah 1 Babat dengan karya Pusoko Luk Limo, Juara II oleh Hanana Salsabila dari SMA Negeri 1 Paciran dengan karya Lamongan Exotic dan Juara III oleh Naufal Syabana dari SMA Negeri 2 Lamongan dengan karya Mlasa Balepok.

Selanjutnya untuk tingkat SLTP, Juara I oleh Mahfudhoh dari SMP Negeri 1 Lamongan dengan karya Kerlingan Bandeng Lele, Juara II oleh Putri Rahma Hidayati dari SMP Negeri 3 Lamongan dengan karya Lamongan Meriah dan Juara III oleh Agnes Zora dari SMP Negeri 2 Babat dengan karya Agnesia Bandeng Lele Kangkang.(tok)

Kredit

Bagikan