Mbelek Ikan Jadi Mata Pencaharian Warga

SuaraBanyuurip.com - Totok Martono

Lamongan – Selain melaut, mbelek iwak (membelah ikan) menjadi salah satu mata pencaharian, dan akan terus ditekuni oleh warga desa nelayan di pantai utara (Pantura) Lamongan, Jawa Timur.

Mbelek ikan merupakan proses membersihkan beberapa jenis ikan untuk kemudian dijemur dan dijual dalam bentuk ikan kering.

Warga Desa Labuhan, Kecamatan Brondong, Kohari, mengatakan, aktifitas mbelek ikan akan terus dikakukan,  karena sudah menjadi mata pencaharian sehari-hari untuk mencukupi kebutuhan ekonomi keluarganya.

“Ikan yang dikeringkan jenis ikan yang tidak begitu laku dijual basah. Dengan dibelek akan mengangkat nilai jual,” kata Kohari, kepada Suarabanyuurip.com.

Jenis ikan yang diolah, yaitu Ikan Picek, Buntek, Abangan, dan Balak. Berbagai jenis ikan itu dibeli dari pengepul atau nelayan dalam kondisi campuran. Harganya Rp Rp3500 perkilogram. Kemudian oleh para tukang mbelek ikan, ikan campuran itu dipilah-pilah sesuai jenisnya.

“Proses pengolahannya hingga menjadi ikan kering lumayan rumit, Mas. Masing-masing jenis ikan dibelek, dibersihkan jerohannya kemudian direndam dengan air garam selama tiga hari lalu dijemur hingga kering,” ungkap pria yang sudah 20 tahun menjadi tukang belek ikan itu.

Baca Juga :   Sidak Pasar di Bogor, Wamendag: Harga Bapok Secara Umum Aman dan Stabil

Proses penjemuran tergantung cuaca. Bila musim kemarau cukup dua sampai tiga hari, namun di musim penghujan waktunya bisa empat hari hingga satu minggu. Ikan kering yang dihasilkan akan dibeli para bakul dari Kediri dan Surabaya yang rutin datang setiap seminggu sekali.

“Para bakul mengambil ikan dari para tukang belek. Berapapun yang dihasilkan akan dibeli,” cetusnya lagi.

Untuk harga ikan kering jenis ikan Picek Rp12 ribu perkilogram, Ikan Buntek Rp7500 perkilogram, Ikan Abangan Rp12 ribu perkilogram dan Ikan Balak Rp18 ribu perkilogramnya. (tok)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA BANYUURIP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *