Ademos Buka Toko Batik Jonegoroan

user
nugraha 02 Agustus 2013, 23:55 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - Winarto

Bojongeoro - Lembaga Swadaya Masyarakat  Asosiasi untuk demokrasi dan Kesejahteraan sosial (Ademos)mengembangkan program industri kreatif batik jonegoroan dan sablon kaos jonegoro dari Mobil Cepu Limited (MCL), operator migas Blok Cepu. Salah satunya adalah membuka Toko Bojonegoro di komplek pertokoan Gajah Mada Desa Sukorejo, Kecamatan Bojonegoro, Jawa Timur, Jum'at (2/8/2013).

Toko yang diresmikan Bupati Bojonegoro, Suyoto, itu menyediakan beragam pakaian batik jonegoroan dan kaos jonegoro. Pakaian khas Bojonegoro itu merupakan produk kerajinan perajin binaan Adesmos-MCL dari enam desa di tiga kecamatan di sekitar pemboran migas Blok Cepu.

"Ini sebagai bentuk dukung kita untuk turut mengembangkan usaha produk lokal Bojonegoro, yakni Batik Jonegoroan dan Kaos Bojonegoro" kata Fiel Public and Government Affairs Manager MCL, Rexy Mawardijaya disela-sela pembukaan dan peresmian Toko Bojonegoro.

Perwakilan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Jawa Bali, Madura dan Nusa Tenggara (Jabanusa), Amy Hermawati, berharap, dengan diresmikannya Toko Bojonegoro ini akan lebih mengembangkan usaha Batik Bojonegoro. Sehingga para perajin batik lebih sukses dan dapat meningkatkan kesejahteraannya.

"Mudah-mudahan Batik Jonegoroan bisa lebih cetar membahana. Bukan dikenal secara nasional, tp juga bisa go international," sambung Amy.

Bupati Suyoto mengaku, mendukung kreasi anak muda Bojonegoro yang turut memberi identitas bagi Bojonegoro dalam bentuk kreasi dan karya seperti yang di lakukan Ademos.

Ketua Ademos, Aziz Ghosali, menerangkan, selain untuk menampung hasil kerajinan para perajin, Toko Bojonegoro ini merupakan salah satu upaya untuk mempermudah masyarakat dalam memperoleh Batik Jonegoroan dan Kaos Bojonegoro. Karena Toko Bojonegoro ini menyajikan varian produk beragam mulai kalangan tua hingga remaja.

"Untuk produknya sengaja didesian berbeda sesuai selera remaja masa kini," sambung Aziz.

Untuk lebih memperluas pemasaran produk Batik Jonegoroan dan Kaos Bojonegoro ini Ademos juga memasarkannya secara online dengan alamat www.tokobojonegoro.com. (win)

Credits

Bagikan