Kopontren Perlu Ditingkatkan untuk Mengembangkan Pengelolaan Ekonomi Ponpes

user
Sasongko 25 Agustus 2022, 19:52 WIB
untitled

Suarabanyuurip.com - Joko Kuncoro

Bojonegoro - Koperasi pondok pesantren (Kopontren) perlu ditingkatkan dan dikembangkan. Hal itu, bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang manajemen serta pengembangan koperasi di lingkungan pondok pesantren.

Kepala Bakorwil Bojonegoro, Agung Subagyo mengatakan, koperasi Indonesia selama ini dipandang sebelah mata oleh sebagian masyarakat. Padahal, koperasi terus menunjukkan prestasinya yang gemilang dalam mengembangkan ekonomi di pondok pesantren.

"Karena itu, Bakorwil Bojonegoro menggelar rapat koordinasi dan sinkronisasi untuk pengembangan kopontren ini. Terutama di kabupaten di wilayah Bakorwil Bojonegoro," katanya, Kamis (25/8/2022).

Dia mengatakan, kopontren sendiri merupakan organisasi dari santri yang bertujuan menjalin kerja sama untuk kepentingan bersama. Proses manajemen kopontren juga dikelola oleh para santri sendiri yang dipimpin oleh salah satu ketua di dalamnya.

"Kopontren ini diawasi oleh pengasuh pondok pesantren dalam proses memanajemennya," kata Agung.

Dia mengatakan, koperasi ini bisa mendapatkan manfaat ekonomi untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari dan dapat meningkatkan kesejahteraan anggotanya. Peran koperasi pesantren sangat besar untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi lingkungan pesantren.

"Adanya kegiatan ini kompetensi kopontren bisa menjadi lebih baik dan bisa terus meningkat. Juga, diharapkan bisa menjadi peluang para kopontren untuk bisa menambah wawasan dan pengetahuan terkait pengembangan koperasi," katanya.(jk)

Credits

Bagikan