Sempat Mati Suri, Menhub Minta Bandara Ngloram Dibuka Kembali

user
Nugroho 30 September 2022, 23:26 WIB
untitled

Suarabanyuurip.com - d suko nugroho

Blora - Kementerian Perhubungan mendorong agar penerbangan komersial di Bandara Ngloram Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, kembali dibuka. Maskapai penerbangan bisa membuka penerbangan seminggu tiga kali.

Penerbangan di Bandara Ngloram sempat terhenti akibat Bandara Halim Perdanakusuma sedang direnovasi. Namun seiring selesainya renovasi tersebut, penerbangan Bandara Ngloram agar dibuka kembali.

"Saat ini seiring dengan selesainya renovasi, kami minta penerbangan dari dan menuju Ngloram via Halim Perdanakusuma bisa dibuka kembali. Tiga kali seminggu ya, sepakat," tegas Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi saat memimpin rapat koordinasi dengan Dirjen Perhubungan Udara, Staf Khusus Menteri, para Bupati dan stakeholder kawasan Blora, Bojonegoro, Rembang, Tuban, dan Grobogan, di kantornya, Kamis (29/9/2022).

BKS, panggilan akrabnya menegaskan keberadaan Bandara Ngloram harus bisa memberikan manfaat. Karena itu, ia meminta agar pemerintah daerah sekitar Bandara Ngloram bisa saling mendukung untuk terselenggaranya penerbangan seminggu tiga kali di Bandara Ngloram.

"Saya itu sudah menganggap Blora seperti rumah saya sendiri. Kesana, berkuliner. Lontong opornya yang dekat bandara itu enak banget, makan di warungnya langsung. Sekarang ada Bandara Ngloram, keberadaannya harus bisa memberikan manfaat," tandasnya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat memimpin rapat terkait rencana pembukaan kembali penerbangan di Bandara Ngloram.
© 2022 suarabanyuurip.com/Dok. Humas Pemkab Blora.

 

Dirjen Perhubungan Udara, Nur Isnin Istiartono yang hadir dalam rapat diminta untuk merumuskan tahapan pembukaan kembali penerbangan di Bandara Ngloram. Dalam rapat tersebut juga dihadirkan manajemen Citilink dan Wings Air. Dua maskapai tersebut sebelumnya pernah membuka penerbangan dari dan menuju Ngloram.

Bupati Blora, Arief Rohman menyatakan kesiapannya untuk mendukung pembukaan kembali penerbangan dari dan ke Bandara Ngloram.

"Kita hadir bersama Bupati Rembang, kemudian Pak Staf Ahli Bupati Bojonegoro, Sekda Grobogan, perwakilan PPSDM Migas, PEM Akamigas, dan lainnya. Pada prinsipnya kita siap mendukung pembukaan kembali penerbangan di Ngloram. Sesuai tugas dari Pak Menhub, yakni tiga kali seminggu. Kita usulkan Senin pagi, Rabu pagi, dan Jumat sore di setiap minggunya," tuturnya.

Bupati Arief berharap maskapai penerbangan Citilink dan Wings Air bisa ikut berkomitmen membuka penerbangan dengan dukungan harga tiket yang terjangkau.

"Semoga nanti tiketnya juga terjangkau. Tidak terlalu mahal. Jika satu juta lebih, misalnya Rp 1,4 juta atau Rp 1,6 Juta, maka banyak calon penumpang yang lebih memilih kereta api. Namun jika bisa satu juta atau kurang, maka pasar akan tumbuh positif. Semoga ada kesepakatan harga yang kompetitif," harapnya.

Bupati Arief menambahkan, setelah rapat ini akan ditindaklanjuti dengan tahapan penyiapan izin pembukaan penerbangan dan lainnya.

"Kita inginnya secepatnya ya, tapi ya tetap harus melalui proses sesuai aturan penerbangan. Semoga saja semuanya lancar," tambahnya dikutip dari laman resmi Pemkab Blora.(suko)

Kredit

Bagikan