Pertamina Miliki 47 Program Energi Terbarukan

user
Sasongko 01 Oktober 2022, 11:00 WIB
untitled

Suarabanyuurip.com - Arifin Jauhari

Bojonegoro - Guna penyediaan energi bersih dan terjangkau, serta mendukung perekonomian dan kemandirian masyarakat, Pertamina memiliki 47 program energi terbarukan yang dikemas dalam Desa Energi Berdikari.

Vice President CSR and SMEPP Pertamina, Fajriyah Usman mengatakan, bahwa hal itu merupakan komitmen Pertamina dalam menerapkan Environmental, Social & Governance (ESG).

Sebanyak 47 program yang dibalut dalam Desa Energi Berdikari tersebut meliputi Solar Energy (29 Program), Hybrid Energy (1 Program), Biogas and Biomethane (11 Program), Microhydro Energy (4 Program) dan Biodiesel Energy (2 Program).

"Sebanyak 11 Desa Energi Berdikari ini dikembangkan dengan melibatkan generasi muda yang berkontribusi langsung untuk transisi energi di Indonesia," katanya dalam siaran pers yang dikutip SuaraBanyuurip.com, Sabtu (01/10/2022).

Dijelaskan, ke-11 desa tersebut meliputi Balkondes Wringinputih, Magelang (1,2 KWP), Balkondes Karangrejo, Magelang (1,2 KWP), Desa Wisata & Budi Daya Kepiting, CIlacap (6,6 kWP), Life Energi Karang-Karangan Solar Home Sistem, Luwu (4,4 KWP), Energi Pelosok Cindako, Maros (6,6 KWP).

Wisata Edukasi Kampung Sekaja, Jambi (2,2 KWP), Desa Energi Berdikari Krueng Raya, Aceh Besar (4,4 KWP), PLTS Pemberdayaan Kelompok Tani Desa Wayame, Ambon (4,4 KWP), Walahar Eco Green, Karawang (2,2 KWP), Pusat Konservasi Elang Kamojang, Garut (6,6 KWP) dan Desa Keliki, Gianyar, Bali (28 KWP).

Dengan hadirnya energi terbarukan, masyarakat desa disebut bisa berinovasi membuat kompos organik dari limbah domestik untuk pertanian, membangun desa ramah lingkungan dari solusi berbasis alam serta mengolah sampah untuk meningkatkan nilai ekonomi.

Seluruh program ini dikatakan juga menyumbang pengurangan emisi karbon sebesar setara 530.000 ton CO2 per tahun dan memberikan multiplier effect Rp1,8 miliar per tahun bagi 2.750 rumah tangga.

“Pertamina membuka akses energi bersih dan terjangkau melalui Program Desa Energi Berdikari. Pertamina bersama masyarakat mengoptimalkan pemanfaatan energi bersih untuk menggerakkan perekonomian masyarakat desa,” tandas Fajriyah.(fin)

Kredit

Bagikan