UMKM Binaan Pertamina Sukowati Makin Berkembang, Produk Dipasarkan di Toko Modern

user
Nugroho 10 Oktober 2022, 22:28 WIB
untitled

Suarabanyuurip.com - Joko Kuncoro

Bojonegoro - Produk UMKM warga di Desa Ngampel, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur makin berkembang. Produk usaha rumah tangga binaan Pertamina Sukowati ini telah memiliki jaringan pemasaran semakin luas. Produk UMKM seperti keripik tempe siap dipasarkan ke toko modern dengan kemasan cantik.

Kepala Desa Ngampel Purwanto mengatakan, pelaku Kelompok usaha mikro kecil menengah (UMKM) Ampel Apik kini sudah mulai berkembang. Masyarakat Bojonegoro sudah mulai banyak mengenal produk UMKM Ampel Apik ini.

"Hal itu setelah pelaku UMKM keripik tempe saat mendapat pendampingan Pertamina EP Sukowati Field. Yakni pendampingan seperti modernisasi kemasan hingga perizinan usaha," katanya, Senin (10/10/2022).

Dia mengatakan, pemasaran produk UMKM punya jangkauan sudah meluas. Bahkan sudah siap dipasarkan ke toko-toko modern karena telah memiliki izin dan merek sendiri.

"Dan saat ini juga sudah membantu meningkatkan perekonomian warga Desa Ngampel," kata Purwanto.

Sementara itu, Field Manager PT Pertamina EP Sukowati Totok Parafianto mengatakan, pendampingan ini untuk meningkatkan kesejahteraan dan mengembangkan potensi warga Desa Ngampel.

"Yakni dengan melakukan pendampingan dan memberikan beberapa pelatihan. Juga, membantu mempermudah izin produk dan pemasaran," katanya.

Dia mengatakan, ada enam desa mitra binaan yang mendapatkan program Sahabat Pertamina. Yakni Desa Ngampel, Desa Campurejo, Desa Sambiroto di Kabupaten Bojonegoro; dan Desa Rahayu, Desa Bulurejo, Desa Kebonagung di Tuban. Desa-desa tersebut mendapatkan program yang berbeda sesuai kebutuhan masyarakat.

Misalnya kelompok UMKM Ampel Apik Desa Ngampel punya anggota kelompok 25 orang, UMKM Batik Kembang Sambiloto terdiri 23 orang. Dia mengatakan, juga ada kelompok ternak kambing berbasis masyrakat BUMDes Rahayu yang anggota kelompoknya berjumlah 15 peternak.

"Juga, program air bersih HIPPAM Desa Rahayu BUMDes Rahayu serta program pendidikan MI Manbaul Ulum di Desa Campurejo Kabupaten Bojonegoro," katanya.(jk)

Kredit

Bagikan