Ibu Inspirasi Raih Juara Penjualan Terbanyak di Pameran Forum Kapnas Jabanusa

user
Nugroho 24 Mei 2023, 23:20 WIB
untitled

Suarabanyuurip.com - Joko Kuncoro

Surabaya - Perhelatan Forum Kapasitas Nasional (Kapnas) wilayah Jawa Bali dan Nusa Tenggara (Jabanusa) telah berakhir hari ini. Penutupan ditandai dengan pengumuman juara-juara. Satu di antaranya adalah penjualan terbanyak selama pameran.

Kelompok Ibu Inspirasi binaan operator Lapangan Minyak Banyu Urip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) berhasil merebut piala kategori ini. Pencapaian ini diraih setelah mencatat penjualan mencapai lebih dari Rp 22 juta selama tiga hari.

“Selama kurang dari tiga hari ini kami menjual online melalui marketplace dan offline di stan kami,” ucap Hasti Asih, perwakilan EMCL usai menerima penghargaan dari panitia mewakili para pelaku UMKM perempuan Ibu Inspirasi.

Menurut Hasti, fokus UMKM Ibu Inspirasi adalah penjualannya. Mereka menargetkan pembelian ulang (repeat order) dari para pengunjung. Untuk meningkatkan omset tidak hanya pada saat pameran saja.

“Makanya kami fokuskan pada akun Tokopedia Ibu Inspirasi, supaya nanti yang sudah beli, bisa beli kembali meskipun tidak ketemu,” ucap Hasti.

Ibu Inspirasi binaan EMCL. © 2023 suarabanyuurip.com

Kelompok UMKM Ibu Inspirasi binaan EMCL pamerkan produk dalam ajang Forum Kapnas 2023 yang diselenggarakan SKK Migas di Surabaya.
© 2023 suarabanyuurip.com/Ist/sbu

Srikayatin, pemilik aneka camilan D’Kayatin yang tergabung di Ibu Inspirasi, mengaku senang dengan pencapaian ini. Menurutnya, banyak pengunjung yang memberikan testimoni positif pada produk-produknya.

“Ada beberapa pembeli yang sampai tiga kali kembali ke sini. Saya senang kalau mereka suka dengan produk saya,” ujarnya.

Srikayatin berharap respon positif ini bisa terus meningkatkan omsetnya. Begitu pula dengan produk rekan-rekannya yang lain berupa batik dan kerajinan eco print.

“Kami para perempuan pengusaha UMKM dari Tuban, berharap agar bisa memberi manfaat kepada lingkungan sekitar. Usaha kami berdampak pada perekonomian keluarga dan tetangga di desa,” tuturnya.

Forum Kapasitas Nasional telah membuka kesempatan para pelaku usaha yang ada di dalamnya untuk mengembangkan teknologi. Bahkan pelaku usaha yang masuk dalam skala menengah bisa menunjukkan kemampun hingga menembus pasar luar negeri.

Ajang pameran dalam Forum Kapnas ini merupakan bagian dari rangkaian acara yang digelar sejak 23 Mei lalu. Acara dibuka oleh Kepala SKK Migas, Dwi Soetjipto dan dihadiri oleh Wakil Gubernur Jawa Timur dan beberapa kepala daerah di wilayah Jatim dan Jateng.

“Semoga para UMKM ini sukses dan memberi dampak ekonomi yang positif bagi masyarakat,” tukas Dwi saat kunjungannya ke stan pameran.(jk)

Kredit

Bagikan