Sukijah, Dalang Perempuan Asal Temayang yang Berusia 120 Tahun

user
nugroho 13 Oktober 2020, 00:07 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com -  Joko Kuncoro

Bojonegoro - Dalang perempuan memang jarang sekali ditemui, bahkan kalau ada bisa dihitung dengan jari. Sukijah dalang perempuan asal Desa Soko, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, adalah salah satu dari yang sedikit tersebut.

Siang tadi, Senin (12/10/2020), suarabanyuurip.com bertemu dengannya di kediamannya. Sukijah tak muda lagi. Usianya diperkirakan di atas 100 tahun. Salah satu anaknya menyebut usianya mencapai 120 tahun.

Di usia yang lanjut, Sukijah masih bisa menceritakan pengalamannya ketika menjadi dalang. Meski suaranya tak selantang saat masih muda. Ia menceritakan awalnya, ia menemukan wayang berbentuk Krisna. Wayang tersebut, berbahan kulit tipis namun hingga kini masih terawat.

Dia mengatakan, pernah beberapa kali membuang wayang tersebut. Namun, tanpa disadari wayang itu kembali lagi berada di rumahnya. Selain dibuang juga pernah membakar wayang itu, akan tetapi tidak mempan dan kembali lagi.

"Akhirnya, saya simpan sampai sekarang," katanya sambil memegang wayang.

Supardi salah satu anak Sukijah mengatakan, sebenarnya Sukijah adalah dalang ruwatan. Biasanya, setiap ada ruwatan membawa 30 wayang yang ditancapkan di pohon pisang.

Selain itu, lanjut dia, Sukijah sering diminta untuk bermain wayang di Nganjuk. Ketika sedang bermain wayang cerita yang dibawakan bukan hanya cerita saja, namun beserta doa - doa.

"Namun, jika tidak ada acara ruwatan atau bermain wayang. Mbah Sukijah tidak bisa menceritakan," katanya. (jk)

Kredit

Bagikan