Progres Eksplorasi Migas Pad C, Pertamina : Masih Studi Kekuatan Tanah

user
samian 16 Juni 2022, 20:47 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - Arifin Jauhari

Bojonegoro - Progres eksplorasi pengembangan Lapangan minyak dan gas bumi (Migas) Sukowati Pad C di Dusun Karang, Desa Banjarsari, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, hingga kini masih seputar tahap studi kekuatan tanah.

"Sekarang masih eksplorasi, terakhir proses pengajuan studi kekuatan Tanah Kas Desa (TKD) Banjarsari dan tanah kemenangan di bantaran Sungai Bengawan Solo," kata Senior Officer Relation and CID Pertamina Hulu Indonesia Zona 11, Ahmad Setiadi, kepada SuaraBanyuurip.com, Kamis (16/6/2022).

Dijelaskan, selain pada studi kekuatan tanah untuk Pad C Sukowati atau juga disebut PAD I005 yang menggunakan TKD membutuhkan waktu lebih lama untuk proses pengurusan pembebasan lahan.

"Karena ini adalah TKD, mekanisme pembebasan lahannya tentu berbeda ya, dan waktunya akan cukup panjang kedepannya," pungkasnya.

Untuk diketahui, pengembangan Migas Pad C Sukowati akan menyedot minyak di bawah Alun-alun dan Pendapa Pemerintah Kabupaten Bojonegoro. Teknisnya dengan cara melakukan pengeboran miring dari Dusun Karang, Desa Banjarsari, sejauh kurang lebih 1,5 kilometer.

Pipa akan ditanam di bawah Sungai Bengawan Solo dengan kedalaman sekitar 30 meter. Pengeboran pipa berada di kedalaman sekitar 10.000 MD atau bawah tanah.

Ada seluas 47.500 meter persegi atau 4,7 hektar lahan milik 21 warga yang akan dibebaskan untuk penyiapan tapak sumur.

Sumur Pad C Sukowati berdasarkan studi awal bisa berproduksi 4 ribu hingga 5 ribu barel per hari (bph) dari sembilan sumur. Dengan usia produksi  7 sampai 8 tahun.(fin)

Kredit

Bagikan