Pulang Kunjungan Panen Raya Wabup Bojonegoro Dicegat Warga Deling

user
samian 09 Juni 2022, 15:27 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - Arifin Jauhari

Bojonegoro - Rombongan Wakil Bupati (Wabup) Bojonegoro, Budi Irawanto, dicegat sejumlah warga Desa Deling, Kecamatan Sekar, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Kamis (09/06/2022).

Peristiwa tersebut terjadi di persimpangan jalan menuju Dusun Mbajulan, Desa Deling. Para warga menghadang mobil mitshubishi pajero yang dinaiki orang nomor dua di Bojonegoro saat pulang dari kegiatan panen raya jagung bersama petani setempat.

"Kami mempersoalkan anggaran pembangunan MCK yang dilaksanakan Pemerintah Desa Deling. Material pembangunan yang digunakan disini diduga tidak sesuai dengan RAB, Pak," kata Widodo, salah satu warga mengadu kepada Mas Wawan sapaan akrab Wabup Budi Irawanto.

Widodo mengaku, telah melaporkan dugaan ketidaksesuaian material yang diduga tidak sesuai Rancangan Anggaran Biaya (RAB) tersebut ke Aparat Penegak Hukum (APH). Hal itu juga ditunjukkan dalam coretan di atas karung plastik bernada tuntutan. Berbunyi "Usut tuntas pembangunan MCK yang tidak sesuai dengan RAB pembangunan."

"Kami ingin keadilan Pak, laporan sudah kami lakukan sejak Januari 2022 lalu. Jika tidak ke APH, kepada siapa lagi kami mengadu," ujarnya sambil menunjukkan RAB dan beberapa bukti pendukung di hadapan Mas Wawan.

Dijelaskan, program untuk percepatan Open Defecation Free (ODF) di Desa Deling bersumber dari tiga sumber dana yang berbeda. Yakni Dana Desa, Hibah Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Cipta Karya, dan Bantuan Keuangan Khusus Desa.

"Namun saat ini yang kami tahu hanya RAB dari BKKD. Dimana ada 201 titik dalam dokumen. Selain itu banyak warga juga mengeluhkan MCK-nya tidak dapat dimanfaatkan," ucap Widodo.

Menanggapi hal tersebut, Mas Wawan meminta para warga bersabar. Dan menghormati proses hukum yang sedang berjalan. Ia juga meminta para warga menambah data guna memperkuat bukti yang dilaporkan, serta menanyakan perkembangan laporan.

"Semuanya butuh waktu. Mohon bersabar. Kami memperhatikan aspirasi ini. Tentu saya pasti berpihak pada masyarakat. Tetapi tidak bisa intervensi terhadap perkara yang sudah ditangani oleh penegak hukum," tandasnya.

Usai menyampaikan aspirasinya, para warga Desa Deling membubarkan diri dan mempersilakan Wabup Bojonegoro melanjutkan perjalanan.(fin)

Kredit

Bagikan