Pertamina EP Cepu Field Tangani Rembesan Minyak Mentah

user
nugroho 09 Agustus 2022, 23:59 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - Ahmad Sampurno

Blora - Pertamina EP (PEP) Cepu Field telah melakukan upaya penanganan rembesan minyak di jalur pipa distribusi di Jalan Cepu – Blora turut Desa Pojokwatu Kecamatan Sambong Kabupaten Blora Jawa Tengah.

Rembesan tersebut, diduga dari sisa minyak yang berada di dalam pipa yang tidak difungsikan sejak Maret 2022 lalu.

Cepu Field Manager Pertamina EP, Agung Wibowo, menjelaskan, setelah diketahui adanya ceceran minyak, tim PEP Cepu Field langsung melakukan penulusuran untuk mencari titik rembesan dan melakukan penanganan dan pembersihan disekitar rembesan di jalur pipa.

Sesuai dengan Standar Operating Prosedur (SOP) untuk pengamanan lokasi, PEP Cepu Field memasang safety line dan melakukan penyekatan drainase serta anak sungai.

"Tim PEP Cepu field, melakukan pembersihan area menggunakan vacum truck," ujarnya.

Ia mengatakan, saat ini pengiriman minyak menggunakan truckline setelah tidak difungsikanya lagi pipa distribusi tersebut. PEP Cepu field juga melakukan kordinasi dan bekerjasama dengan pemerintah setempat serta terus melakukan pembersihan ceceran di area tersebut.

“Dalam melakukan penanganan tim PEP Cepu Field memastikan aspek keselamatan manusia dan lingkungan,” ujar Agung.

Pantuan di lokasi pada Selasa 9 Agustus 2022 sekira pukul 19.41 WIB, masih ditemukan sisa-sisa rembesan minyak yang belum tersedot secara maksimal. Minyak tersebut bercampur dengan air dan mengalir di selokan yang berdekatan dengan rumah penduduk.(ams)

Kredit

Bagikan