PPSDM Migas Latih Pengambilan Contoh dan Pengujian Minyak Bumi untuk PT Pertagas

user
nugroho 08 Agustus 2022, 23:35 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - Blora - Minyak bumi merupakan campuran kompleks yang terdiri atas hidrokarbon sebagai komponen utama dan non hidrokarbon sebagai komponen minor. Sebagai seorang yang bekerja di industri migas perlu memahami sistem pengambilan dan pengolahan minyak bumi agar berkompeten dalam menyelesaikan pekerjaannya di lapangan.

Untuk mendukung pemahaman mengenai hal tersebut, Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) mengadakan pelatihan Pengambilan Contoh Minyak Bumi dan Pengujian Crude Oil untuk PT Pertamina Gas (Pertagas) yang dilaksanakan selama lima hari dimulai pada Senin (1/8/2022).

Didiek Heru Wuryanto, sebagai pemateri pada pelatihan tersebut menyampaikan berbagai jenis materi salah satunya mengenai pengolahan minyak bumi.

Heru menjelaskab berapa proses pengolahan minyak bumi. Pertama adalah Separasi yaitu proses pemisahan fisika dimana minyak mentah dipisahkan berdasarkan perbedaan titik didihnya. Setelah itu, yang kedua adalah Konversi yaitu proses pengubahan struktur molekul hidrokarbon dalam suatu reaksi kimia.

"Selanjutnya Treating yaitu proses peningkatan mutu produk dengan mengurangi bahan-bahan pengotor dalam produk dan yang terakhir adalah Blending yaitu proses pencampuran untuk mendapatkan produk yang memenuhi spesifikasi yang sesuai,” ungkapnya.

Billiano Putra Pratama, salah satu peserta pelatihan, menyampaikan kesan dan pesannya selama mengikuti pelatihan.

“Untuk pengalaman saya mengikuti sertifikasi dan training di PPSDM Migas sangat berkesan. Di sini kami mempelajari hal-hal yang baru dan dibimbing secara professional oleh pengajar dan kami dapat mudah memahami pekerjaan sehari-hari kami yang bertugas pada khususnya crude oil PT Pertamina Gas," tuturnya.

Ia juga mengapresiasi kepada pengajar-pengajar di sini sudah diarahkan dan diajarkan tentang metode-metode yang dipelajari khususnya pada saat ini kami mempelajari tentang sertifikasi PPC dan LPM.

"Jadi bagi kami ini sangat bermanfaat sekali untuk kami implementasikan di lapangan,” ucap Billiano.

“Pesannya kepada pengajar di sini terus mempertahankan nilai-nilai dasar mengajar dan meningkatkan metode-metode dalam hal pembelajaran agar lebih mudah dipahami lagi kedepannya yang telah diberikan di PPSDM Migas ini,” lanjutnya.

Selama lima hari pelatihan peserta mendapatkan banyak materi seperti K3 Laboratorium dan Sampling, Metode Uji Sifat Fisik Minyak Bumi, Pengetahuan Minyak Bumi, Sistem Mutu Laboratorium dan Sampling, Metode Pengambilan Contoh Minyak Bumi, dan Metode Uji Sifat Kimia Minyak Bumi.(adv/suko)

Kredit

Bagikan