Medco E&P Indonesia ikuti Pelatihan Inspektur Pesawat Angkat di PPSDM Migas

user
nugroho 08 Agustus 2022, 21:35 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Blora - Pesawat Angkat adalah suatu alat yang digunakan untuk memindahkan, mengangkat muatan baik bahan, barang atau orang secara vertikal maupub horizontal dalam jarak yang ditentukan. Meliputi pemeriksaan dokumen teknis dan identifikasi klasifikasi pesawat angkat, pemeriksaan struktur dan sebagainnya.

Untuk mendukung pemahaman tersebut, Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) mengadakan Pelatihan Inspektur Pesawat Angkat untuk Medco E&P Indonesia yang dilaksanakan pada, Senin (1/8/2022).

Bayu Rahardaya, sebagai pemateri pada pelatihan inspektur pesawat ngkat menyampaikan mengenai crane inspection.

"Keuntungan menggunakan tali kawat baja yang berbentuk Preformed Rope meliputi ujung dari kawat tidak terurai, tahan adanya tekukan, bebas twist saat ditangani dan juga beban merata pada setiap strand," jelasnya.

Bayu juga menjelaskan mengenai strand dalam pesawat angkat.

"Strand adalah kumpulan dari wire-wire yang dipilin dari arah kiri ataupun kanan sehingga membentuk suatu kesatuan kuat yang lebih tebal dari wire. Kemudian arah dari Strand Right Langs Lay (RLL), Left Langs Lay (LLL), Right Regular Lay (RRL) dan Left Regular Lay (LRL)," tambahnya.

Beberapa penambahan materi lainnya dari pelatihan inspektur pesawat angkat adalah Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) industri migas, introduction crane knspection and certification migas, crane document, wire rope and hook block inspection, safety device dan praktek pelaporan hasil inspeksi.(adv/suko)

Kredit

Bagikan