Kapolres Bojonegoro Imbau Waspadai Penipuan Berkedok Arisan Online

user
samian 02 Agustus 2022, 19:54 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - Arifin Jauhari

Bojonegoro - Kapolres Bojonegoro, Polda Jawa Timur, AKBP Muhammad, mengimbau masyarakat di wilayah hukumnya mewaspadai upaya penipuan berkedok arisan online. Hal itu menyusul banyaknya aduan masyarakat yang merasa dirugikan akibat aksi tipu gelap tersebut.

"Sepanjang dua bulan saja, terdapat 23 pengaduan yang masuk ke Polres," kata Kapolres Bojonegoro, AKBP Muhammad, kepada SuaraBanyuurip.com, Selasa (02/08/2022).

Dari 23 pengaduan tersebut, berbagai tahapan telah dilaksanakan oleh penyidik. Mulai permintaan keterangan dari para korban hingga gelar perkara. Satu laporan dinyatakan telah naik ke tingkat penyidikan, sementara sisanya sedang dalam proses.

Berkenaan hal itu, AKBP Muhammad meminta masyarakat di kabupaten penghasil minyak dan gas bumi (migas) terbesar di Indonesia ini mewaspadai tindak pidana tipu gelap yang berkedok arisan online. Tak kurang dari empat hal yang harus diperhatikan sebelum masyarakat bergabung dalam arisan online dan berinvestasi.

"Pertama, kenali identitas pelaku arisan dan legalitas usahanya," ujar perwira Akpol lulusan 2003 ini.

Selanjutnya, hal kedua masyarakat perlu ketahui yaitu sistem arisan yang diterapkan oleh pengelola arisan. Bagaimana tata cara setorannya, cara memperoleh keuntungan dan sebagainya secara terperinci.

"Mengetahui sistem arisan ini penting. Agar tidak ada pihak yang saling merasa dirugikan," tandasnya.

Ketiga, perwira polisi kelahiran Padang, Sumatera Barat ini mengingatkan, masyarakat agar jangan tergiur keuntungan besar yang tidak wajar. Karena biasanya, para pelaku penipuan memberikan iming-iming keuntungan besar yang di luar kewajaran.

Keempat, pria yang pernah berdinas di Mabes Polri ini menyarankan masyarakat untuk berinvestasi hanya pada lembaga resmi. Tentunya karena pada lembaga keuangan resmi mendapat pengawasan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Tak kalah penting, harus berani lapor ke pihak berwajib. Manfaatkan program 'Matur Pak Kapolres' di nomor 081-333-662-227," tegas Kapolres AKBP Muhammad.(fin)

Kredit

Bagikan