PJB Academy Ikuti Pelatihan Pengawas Pressure Relief Device di PPSDM Migas

user
nugroho 02 Agustus 2022, 09:43 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Blora - Untuk memastikan kompetensi tenaga kerja pada jabatan Skema Sertifikasi Kompetensi Pengawas Pressure Relief Device (PRD), maka pekerja di bidang ini hendaknya mengikuti pelatihan atau refresh sebelum mengambil serifikasi komptensi Pengawas PRD.

Sertifikasi kompetensi ini digunakan untuk memenuhi peraturan perundangan yang menyatakan bahwa setiap tenaga kerja berhak untuk mendapatkan pengakuan kompetensi yanh dimilikinya melalui pendidikan, pelatihan dan pengalama kerja. Selain itu, sebagai pemenuhan perturan tentang sertifikasi kompetensi SDM sektor industry minyak dan gas bumi Hulu Hilir (Supporting) bidang PRD.

Pentingnya pelatihan dan perolehan sertifikasi kompetensi ini, maka PJB (Pembangkit Jawa Bali) Academy mengirimkan pekerjanya untuk mengikuti pelatihan PRD di Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) pada Senin (25/7/2022).

Desy Kurnia Puspaningrum, pemimpin pelatihan menjelaskan tentang pentingnya personel menguasai PRD.

“PRD merupakan peralatan mekanis yang digunakan untuk melindungi peralatan dari overpressure. Peralatan ini dibuat untuk dapat membukan pada saat kondisi darurat atau kondisi abnormal untuk mencegah tekanan lfluida melebihi batas yang ditetapkan. Sehingga tujuan dari pelatihan ini agar peserta mampu melakukan pengawasan PRD di tempat kerjanya,” ungkap Desy ketika dihubungi melalui pesan singkat pada Senin (1/08/2022).

Beberapa materi yang diberikan pada pelatihan ini adalah K3, Terminologi PRD, Peralatan Tangan dan Peralatan Bengkel, Peraturan dan Standar terkait PRD, Rangkaian Pengujian, Pelaporan PRD, Pengujian PRD, serta Praktek Pengujian PRD.(adv/suko)

Tentang PPSDM Migas

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) merupakan instansi pemerintah pusat di bawah Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Energi dan Sumber Daya Mineral (BPSDM ESDM) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM). PPSDM Migas mempunyai tugas mengembangkan sumber daya manusia di subsektor migas yang unggul, berkarakter, dan diakui internasional.

Dengan lima layanan utama:

1. Pelatihan

2. Sertifikasi

3. Praktik Kerja Lapangan/Kunjungan Lapangan

4. Laboratorium Pengujian

5. Wisma/Gedung

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

1. Call Center PPSDM Migas: 08112643940

2. Marketing PPSDM Migas: 0813-7738-3940

3. Website PPSDM Migas: www.ppsdmmigas.esdm.go.id

4. Pendaftaran Sertifikasi di LSP PPSDM Migas: https://portal.migascepu.id/sertifikasi/

Kunjungi media sosial resmi PPSDM Migas di:

1. Instagram: ppsdm_migas

2. Facebook Page: PPSDM MIGAS

3. Twitter: ppsdmmigas

4. Youtube: PPSDM MIGAS OFFICIAL

Kredit

Bagikan