PPSDM Migas Beri Pelatihan Pertolongan Korban Kecelakaan untuk ASN KESDM

user
nugroho 02 Agustus 2022, 08:38 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Blora - First aid atau sering disebut dengan pertolongan pertama kepada korban sakit cedera atau kecelakaan memerlukan penanganan medis dasar sehingga dapat mempertahankan korban. Dengan begitu dapat terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan dan membuat keadaan korban menjadi lebih stabil.

Untuk mendukung pemahaman tersebut, Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) mengadakan Pelatihan First Aid untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) yang dilaksanakan pada Senin (25/7/2022).

Farisda P. Mulyosaputro, sebagai pemateri pada Pelatihan First Aid menjelaskan mengenai Dasar Pertolongan Pertama.

"Terkait dengan pertolongan pertama, prinsip dasar tindakan P3K tenaga kerja untuk menangani korban yaitu penolong harus memahami dan terampil, tidakan pertolongan harus berurutan dan cari bantuan dengan memberikan pertolongan," jelasnya.

Ma’fuatin, salah satu peserta pelatihan First Aid menyampaikan pesan dan kesan mengikuti pelatihan.

"Saya sangat berkesan sekali, instruktur dari Palang Merah Indonesia (PMI) maupun dari PPSDM Migas menyampaikan materi dengan baik dan penyelenggaranya juga baik, dengan tepat waktu," ujarnya.

Ia berharap PPSDM Migas dapat menyelenggarakan pelatihan ini secara berkelanjutan karena pelatihan ini sangat bermanfaat sekali bagi pegawai.

"Apalagi di PPSDM Migas Cepu ini mempunyai beberapa tempat kerja yang high risk," ungkapnya.

Beberapa penambahan materi lainnya dalam pelatihan ini adalah Peraturan Perundangan, Anatomi dan Faal, Penilaian Penderita, Bantuan Hidup dan AED, Cindera Jaringan Listrik, Luka Bakar, Cindera Sistem Otot Rangka, Pemindahan Penderita, kedaruratan Medis dan juga Praktek-Praktek yang ada.(adv/suko)

Kredit

Bagikan