Wabup Budi Irawanto Dorong KKN Unigoro Tak Berhenti di Formalitas

user
samian 01 Agustus 2022, 15:33 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - Arifin Jauhari

Bojonegoro - Wakil Bupati (Wabup) Bojonegoro, Jawa Timur, Budi Irawanto, mendorong kelompok KKN Unigoro (Kuliah Kerja Nyata Universitas Bojonegoro) tak hanya berhenti pada program kerja bersifat formalitas saja. Melainkan bisa menumbuhkan dampak yang berkesinambungan terhadap masyarakat.

Hal itu disampaikan oleh Wabup yang akrab disapa Mas Wawan kepada perwakilan mahasiswa KKN-Tematik Kelompok 14 Unigoro tahun 2022 yang menyempatkan diri bertamu di rumah dinas, Senin (01/08/2022).

Perwakilan mahasiswa KKN-T Kelompok 14 Unigoro tersebut, yaitu M. Rully Arman , Fakultas Saintek, Prodi Teknik Sipil, Revina Monica sari, Fisip, Prodi Administrasi Publik, Amanda Diva Syaharani, Fakultas Ekonomi, Prodi Ekonomi Pembangunan, dan Bianca Deva Amelia Sutrisno, Fakultas Ekonomi, Prodi Ekonomi Pembangunan.

"Pemerintah Kabupaten Bojonegoro aktif melakukan sosialisasi terkait perijinan kepada UMKM," kata Mas Wawan saat menjawab pertanyaan sejumlah mahasiswa Unigoro tentang UMKM yang berijin.

Disinggung mengenai pendampingan yang berkesinambungan setelah adanya KKN. Pria penghobi olahraga offroad ini berpendapat, bahwa seyogyanya sebelum dilaksanakan KKN, dinas terkait hendaknya dilibatkan. Supaya KKN yang waktunya hanya satu bulan, manfaatnya dapat berkelanjutan.

"Agar para pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) mendapat tindak lanjut. Misal mendapat pelatihan," ujar politisi kawakan dari PDI-Perjuangan ini.

Wabup Budi Irawanto Dorong KKN Unigoro Tak Berhenti di Formalitas Mahasiswa KKN-Tematik Unigoro 2022 foto bersama Wabup Bojonegoro, Budi Irawanto.

Tak hanya satu, dinas terkait lain yang menangani perijinan misalnya, dapat membantu pelaku UMKM mendapat wawasan perihal kemudahan memperoleh ijin usaha. Dan juga bagaimana produknya terbantu sampai tingkat pemasaran.

"Kami berterima kasih kepada perguruan tinggi yang melaksanakan KKN di Bojonegoro. Kami juga mendorong kepada adik-adik mahasiswa Unigoro yang melaksanakan KKN ini tak hanya berhenti pada formalitas saja," tandasnya.

Sementara itu, salah satu mahasiswa KKN-T Unigoro, M. Rully Arman, mengaku, pertemuan dengan Wakil Bupati Bojonegoro tersebut sangat membuka pandangan di pihaknya tentang esensi dari kegiatan KKN yang sebenarnya. Tak hanya sebatas menjalankan kewajiban kuliah semata-mata.

"Tetapi KKN juga tanggung jawab sosial sebagai agent of change dan kontrol sosial untuk betul-betul memberikan dampak positif bagi masyarakat sesuai darma nomor tiga yakni pengabdian kepada masyarakat," ucapnya.

Untuk rencana mendatang, pihaknya berupaya memberikan stimulus kepada masyarakat, utamanya pelaku UMKM. Tentang pentingnya empat bidang yang menjadi fokus KKKN Tematik. Yakni, legalitas, efisiensi produksi, digital marketing, dan sumber daya manusia.

"Diharapkan stimulus ini nanti bisa membangkitkan kesadaran pelaku UMKM meningkatkan kelas usahanya. Untuk kemudian harapannya mampu menaikkan pendapatan yang berujung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat," tandasnya.(fin)

Credits

Bagikan