Hingga Juli 2022, Terjadi 60 Kejadian Kebakaran di Bojonegoro

user
nugroho 28 Juli 2022, 23:03 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - Joko Kuncoro

Bojonegoro - Peristiwa kebakaran di Bojonegoro, Jawa Timur cukup sering terjadi. Semenjak Januari hingga Juli 2022, sudah 60 kali kebakaran. Terakhir, kebakaran terjadi di Perusahaan Realfood yang menelan kerugian mencapai Rp 1 miliar.

Kabid Pemadam dan Penyelamatan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Bojonegoro Ahmad Adi Winarto mengatakan, kebakaran kerap terjadi di Bojonegoro, bahkan bukan hanya terjadi di musim kemarau saja melainkan pada musim penghujan.

"Banyak faktor yang menjadi pemicu terjadinya kebakaran diantaranya lupa mematikan kompor, kebocoran gas elpiji, bediang hingga korsleting listrik," katanya, Kamis (28/7/2022).

Namun, kata dia, rata-rata penyebab kebakaran terjadi karena korsleting listrik. Biasanya korsleting listrik terjadi di rumah warga dan kandang ayam. Karena itu, masyarakat harus tetap berhati-hati terhadap sesuatu yang menimbulkan api.

"Salah satunya, untuk menghindari korsleting listrik mengganti kabel yang sudah lama serta melakukan pengecekan apakah ada kabel yang terkelupas atau tidak," katanya kepada suarabnayuurip.com.

Dia mengatakan, peristiwa kebakaran hingga Juli 2022 sudah 60 kali kejadian. Diantaranya meludeskan kadang ayam di Kecamatan Kasiman yang mengakibatkan kerugian hingga Rp 3 miliar.

"Kejadian itu, terjadi pada 7 Juli lalu. Sementara, terbaru terjadi di Perusahaan Realfood yang gedungnya terbakar menelan kerugian mencapai Rp 1 miliar," katanya.

Dia menambahkan, damkar dalam mencegah kebakaran selalu melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Baik selepas melakukan pemadaman maupun di waktu kegiatan lainnya.

"Upaya terkait bagaimana cara mencegah kebakaran, penanganan awal kebakaran. Hal ini agar tidak terjadi kebakaran apalagi jelang musim kemarau," tambahnya.(jk)

Kredit

Bagikan