Belajar Otodidak, Yudha Adi Prabowo Sukses Tekuni Bisnis Membuat Gitar

user
nugroho 20 Juli 2022, 12:39 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - Joko Kuncoro

Bojonegoro - Yudha Adi Prabowo sukses membuat gitar dengan kualitas di atas pabrikan. Ia menggunakan bahan dasar dari impor. Yudha belajar membuat gitar secara otodidak. Usaha membuat gitar ini, ia tekuni semenjak tiga tahun lalu.

Pembuatan gitar berawal dari hobi saat Yudha duduk di bangku sekolah menengah pertama (SMP) kelas 2 dan aktif di ekstrakurikuler musik. Saat itu, ia belum mempunyai gitar dan akhirnya berinisiatif membuat sendiri.

Gitar buatannya pun berbahan dasar kayu seadanya, namun meski begitu sudah mengeluarkan bunyi untuk belajar di rumah. Hanya saja bunyi gitar tersebut belum sebagus yang ada di pertokoan.

"Pertama gitar elektrik meski masih amburadul dan asal bisa bunyi," katanya sebagaimana dikutip dari Channel YouTube dariNOL.

Saat Yudha berhasil membuat gitar yang sempurna baik dari suara hingga bentuknya, ia mulai berani mempromosikan ke media sosial seperti Instragram dan Facebook. Respon dari masyarakat pun bagus dan banyak berminat untuk membeli gitar buatan Yudha.

"Sekitar tiga tahunan terakhir saya menekuni membuat gitar dan berani mempromosikan. Gitar buatan saya dari proses yang panjang sudah layak jual dan temen-temen responya bagus akhirnya saya bikinkan," kata lelaki asal Desa Deru, Kecamatan Sumberrejo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur itu.

Ketekunannya ini karena melihat industri alat musik di Bojonegoro lumayan besar, bahkan belum ada yang membuat gitar. Karena itu, bahan dasar yang digunakan pun lebih berkualitas agar menghasilkan gitar yang bersuara jernih dan bentuknya bagus.

Bahkan bahan dasar kayu yang digunakan untuk membuat gitar didatangkan dari impor. Harga gitar pun bervariasi tergantung bahan dan permintaan konsumen yakni untuk gitar akustik mulai Rp 850 ribu hingga Rp 1 juta lebih.

"Ada juga yang sampai Rp 2 juta tergantung permintaan konsumen juga. Karena membuat satu gitar bisa sampai 1 hingga 2 bulan. Kalau sebulan bisa membuat 5 gitar, jika permintaan banyak bisa lebih," katanya.

Kedepan tentu, ia berharap usaha gitarnya lebih dikenal masyarakat luas dan berkembang semakin besar. Buatan gitarnya bisa dipesan melalui online yakni di Instragram raff@guitars.(jk)

Kredit

Bagikan