Program Pemberdayaan EMCL, Warga Hibahkan Tanah untuk Air Bersih

user
nugroho 19 Juli 2022, 19:08 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Bojonegoro - Warga Desa Kalirejo dan Desa Pacul Kecamatan/Kabupaten Bojonegoro menghibahkan tanah untuk kebutuhan program air bersih. Hibah tanah tersebut dalam Program Pengembangan Masyarakat ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) yang di fasilitasi PC GP Ansor Bojonegoro.

Penyerahan tanah itu secara simbolis dilakukan pada Musyawarah Pelaksanaan yang dilaksanakan di Balai Desa Kalirejo dan Pacul, Selasa (19/7/2022) dan diterima langsung oleh Pemerintah Desa.

Program pengembangan masyarakat desa ini sebenarnya untuk delapan desa. Selain Desa Kalirejo dan Pacul, enam desa lainnya telah melaksanakan Musyawarah Pelaksanaan. Secara keseluruhan, PPM yang difasilitasi PC GP Ansor Bojonegoro di Desa Pacul, Kalirejo dan Mulyoagung Kecamatan Kota Bojonegoro. Lainnya, Desa Sambiroto, Wedi dan Sembung turut Kecamatan Kapas. Sisanya, Desa Ngulanan Kecamatan Dander.

"Kami menerima hibah tanah sesuai kebutuhan program toren air bersih dari warga atas nama Mulani," terang Sekretaris Desa Kalirejo, Welly Teguh Saputro seusai penandatanganan berita acara hibah.

Sementara itu, Hasti Asih, dari EMCL mengaku merasa haru dan mengapresiasi inisiatif warga menghibahkan tanah untuk Pemerintah Desa. "Semoga bermanfaat untuk masyarakat dan program ini terus berkelanjutan," terangnya.

Hasti menambahkan, setiap PPM EMCL senantiasa berkoordinasi dengan pemerintah setempat dan berkolaborasi masyarakat. Swadaya yang diberikan oleh masyarakat meripakan bentuk sinergi yang positif dalam mewujudkan program berkelanjutan

Sementara itu, Mustakim, Ketua PC GP Ansor Bojonegoro mengatakan jika di Kalirejo hibah tanah untuk toren air bersih, beda dengan Desa Pacul. "Kalau di Pacul, untuk lokasi sumur bor irigasi pertanian," pungkasnya.(suko)

Kredit

Bagikan