PPSDM Migas Adakan Pelatihan K3 Tingkat Operator untuk Polimarin Semarang

user
nugroho 19 Juli 2022, 12:51 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Blora - Bahaya fisik adalah sumber kecelakaan utama yang dapat muncul di berbagai industri, terutama sektor minyak dan gas bumi (Migas). Bahaya pada awalnya mungkin tidak bisa dihindari, tetapi semakin majunya teknologi, manusia mengembangkan berbagai prosedur keamanan agar risiko tidak terjadi. Adanya ilmu tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dapat digunakan sebagai cara untuk meminimalisir terjadi risiko tersebut.

Oleh karena itu, Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) mengadakan pelatihan K3 Tingkat Operator untuk Politeknik Maritim Negeri Indonesia. Pelatihan diadakan selama tiga hari dan dimulai pada Senin (11/7/2022) dengan Course Leader Santi Oktaviani.

“Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan menajdi kompeten dan memahami Peraturan dan Perundangundangan K3 yang berlaku, dasar-dasar K3, jenis alat pelindung diri dan cara-cara penggunaannya, melakukan identifkasi bahaya dalam usaha mencegah kecelakaan akibat kerja,” tuturnya ketika menyampaikan materi.

Materi lainnya pada pelatihan ini adalah Dasar-dasar K3, Instrumen K3 (Peralatan dan Perlengkapan K3), Peraturan Perundangan K3, Alat Pelindung Diri (APD), Self-Contained Breathing Apparatus (SCBA), Kimia Api dan Teknik Pemadaman, P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan), APAR dan Hose Connection.

Sebagai tambahan informasi, Politeknik Maritim Negeri Indonesia (POLIMARIN) merupakan perguruan tinggi negeri vokasi di bidang kemaritiman yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, serta secara fungsional dibina oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Politeknik Maritim Negeri Indonesia mempunyai tugas menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam sejumlah bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, dengan fokus pada bidang kemaritiman. Polimarin memiliki 3 Jurusan yaitu bisnis maritim, nautika dan teknika dengan 4 Program Studi yaitu D4 Nautika, D3 Teknika, D3 Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhan Polimarin.(adv/suko)

Kredit

Bagikan