PPSDM Migas Berikan Pelatihan Teknisi Instrumentasi Tingkat 2 untuk Pertamina Hulu Rokan

user
nugroho 14 Juli 2022, 12:00 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Blora - Teknisi instrumentasi merupakan salah satu kompetensi yang sangat diperlukan oleh seseorang yang bekerja di industri migas. Hal tersebut diperlukan agar teknisi instrumentasi dapat kompeten dalam memelihara peralatan yang digunakan di lingkungan industri migas secara efektif dan efisien.

Untuk mendukung pemahaman mengenai Teknisi Instrumentasi, maka Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) mengadakan pelatihan Teknisi Instrumentasi Tingkat 2 untuk PT. Pertamina Hulu Rokan yang dilaksanakan selama dua hari pada Selasa - Rabu (12-13/07/22).

Arsyadi Hidayat, sebagai pemateri pada pelatihan tersebut menjelaskan berbagai jenis materi salah satunya mengenai controller dan control system.

“Controller ini mau nggak mau harus sepaket dengan control system. Jadi didalam sistem pengendalian ada 4 kegiatan yaitu mengukur, membandingkan, menghitung dan mengoreksi," ujarnya.

Dia menyebutkan elemen-elemen sistem pengendalian ada 4 macam yaitu Sensor, Transmitter, Controller dan Elemen Pengendali Akhir (Final Control Element). Transmitter mengubah output dari sensor yang masih berwujud besaran fisik, diubah menjadi sinyal standar. Kemudian dikirimkan ke Controller, dihitung dari Transmitter berapa, dibandingkan dengan seat point dihitung selisihnya berapa, error berapa kemudian dilakukan koreksi dengan cara mengirimkan sinyal MV (input).

"Kemudian PV (output) dikirimkan ke Elemen Pengendali Akhir atau biasa yang disebut dengan Control Valve,” ungkapnya.

Kemudian Muh Subur, sebagai pemateri selanjutnya menjelaskan mengenai Troubleshooting Instrumentation.

“Kegagalan dalam Troubleshooting meliputi beberapa hal yaitu pekerja tidak mengikuti prosedur yang tercantum dalam SOP, kurang pengetahuan, tidak mempunyai data sebagai pendekatan yang terstruktur, kesalahan dalam tindakan, dan dimensional thinking,’’ ungkapnya.(adv/suko)

Selama dua hari pelatihan peserta mendapatkan banyak materi seperti Komunikasi di Tempat Kerja, K3LL, Laporan dan Evaluasi, Transmitter, Instrument Drawing, Control Valve, Measurement dan Calibration, Controller, Troubleshooting, Tool dan Alat Ukur.(adv/suko)

Kredit

Bagikan