Rekind Laksanakan Silaturahmi dan Sosialisasi Jelang Gas In JTB di Bandungrejo

user
samian 12 Juli 2022, 14:51 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - Sami'an Sasongko

Bojonegoro - Kontraktor pelaksana proyek Gas Processing Facility (GPF) Jambaran-Tiung Biru (JTB), PT Rekayasa Industri (Rekind) melakukan kegiatan silaturahmi dan sosialisasi jelang Gas In proyek JTB di Desa Bandungrejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Selasa (12/07/2022).

Hadir dalam kegiatan yang dipusatkan di Balai Desa Bandungrejo, Sosec Drilling PEPC, Andi Yulius Widianto, Site Manager PT Rekind Zainal Arifin, Kepala Desa (Kades) Bandungrejo, Sapani beserta perangkat, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Karang Taruna, Rukun Tetangga (RT), Forkopimca Ngasem, dan terkait.

Rekind Laksanakan Silaturahmi dan Sosialisasi Jelang Gas In JTB di Bandungrejo Commissioning Manager Rekind, M. Sholeh, sedang menyampaikan berbagai kegiatan tentang proses Gas-In JTB.

Dalam presentasinya, Commissioning Manager Rekind M. Sholeh menyampaikan, bahwa gas dari sumur sumur baik Jambaran Central (JC) maupun Jambaran East (JE) masih mengandung kotoran yang harus dihilangkan dengan cara diserap melalui peralatan di GPF sebelum gas dikirim.

"CO2 atau yang biasa disebut karbon dioksida dan H2S (Hydrogen sulfide) ini harus dihilangkan dulu sebelum Gas dikirim ke Semarang," ujarnya.

Dijelaskan bahwa nanti gas dari sumur sumur tersebut akan dimasukan ke sistem peralatan di GPF dengan diatur tekanannya pelan-pelan dan ada yang dibakar melalui flare dengan ketinggian kurang lebih 150 meter. Selain itu juga ada tenaga ahli yang bertugas melakukan pemantauan.

"Jadi masyarakat jangan kawatir jika ada flare, karena bagian dari cara dimasukkan sistem untuk pembersihan kotoran. Jika apinya mengecil maka gas in telah berjalan," tandasnya.

Rekind Laksanakan Silaturahmi dan Sosialisasi Jelang Gas In JTB di Bandungrejo Site Manager PT Rekind Zainal Arifin, sedang memberikan pemahaman berbagai cara berkoordinasi antara masyarakat sekitar dengan pihak terkait dalam kegiatan Gas-In JTB.

Sementara Site Manager PT Rekind, Zainal Arifin berharap, kerja sama yang baik dari masyarakat sekitar untuk ikut membantu kelancarannya. Karena itu, jika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan masyarakat bisa langsung menginformasikan kepada pihak terkait termasuk tim Rekind. Misal adanya bau tidak sedap maupun lainnya.

"Jika ada hal yang tidak diinginkan masyarakat bisa langsung melaporkan ke pihak kami, desa, Polsek, Koramil, dan terkait. Mohon doa dan dukungannya dari semua pihak semoga Gas In berjalan lancar, aman, dan kondusif tanpa ada kendala suatu apapun," pungkasnya.

"Bagi warga dan terkait yang saat ini ikut sosialisasi, setelah habis dari sosialisasi ini agar hasilnya disampaikan juga ke tetangga sanak saudaranya. Sehingga warga masyarakat sekitar tahu dan memahami. Jadi jika terjadi sesuatu agar cepat melakukan koordinasi dengan pihak terkait," sambung Camat Ngasem, Iwan Sopian.(sam)

Kredit

Bagikan