PPSDM Migas Selenggarakan Pelatihan Juru Ikat Beban untuk PT. Petrosea Tbk

user
nugroho 07 Juli 2022, 11:36 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Blora - Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) menyelenggarakan pelatihan Juru Ikat Beban yang diikuti oleh PT. Petrosea Tbk khususnya POSB (Petrosea Offshore Supply Base) Kota Sorong. Pelatihan ini dilaksanakan selama dua hari, dimulai dari Senin, 4 Juli hingga Selasa, 5 Juli 2022.

Juru Ikat Beban (Rigger) merupakan profesi yang beresiko tinggi. Oleh karena itu, seorang Rigger wajib mempunyai pengetahuan dan keahlian dengan mengikuti pelatihan yang nantinya akan mengikuti sertifikasi kompetensi yang jika lulus akan dinyatakan kompeten di bidangnya.

Yamu’Alim, sebagai pemateri pada pelatihan tersebut menegaskan bahwa sangat penting untuk mengetahui kondisi peralatan yang digunakan.

“Dalam bekerja harus tahu alat maupun kondisi alatnya, ini sangat penting karena dapat mengurangi tingkat kecelakaan kerja, dengan begitu kita dapat mengetahui karakteristik dari peralatan tersebut. Hal ini juga dapat mengantisipasi dan meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja,” ungkapnya.

Selain itu, ia juga menjelaskan tentang jenis-jenis pesawat angkat dan angkut salah satunya yaitu mobile crane.

“Pada mobile crane ini terdapat bagian-bagian utama untuk tempat untuk mengaitkan beban yaitu Hook, pengangkatan beban berat ada Main Hook dan untuk pengangkatan beban yang kecil ada auxiliary,” tambahnya.

Selama dua hari pelatihan peserta mendapatkan banyak materi seperti K3 Industri Migas, Alat Bantu Angkat, Teknik Pengikatan Beban, Pesawat Angkat, Simbol Komunikasi dan Hand Signal, Dasar Rigging dan Pengelolaan Beban.(adv/suko)

Kredit

Bagikan