Pegawai PPSDM Migas Ikuti Seminar Efektif Komunikasi

user
nugroho 04 Juli 2022, 17:32 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Blora - Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) yang mempunyai tugas utama untuk mengembangkan sumber daya manusia minyak dan gas bumi selalu memberikan pelayanan terbaik. Ada empat sektor layanan PPSDM Migas dua diantaranya adalah pelatihan dan sertifikasi yang membutuhkan skill komunkasi yang mumpuni agar peserta dapat memahami materi yang diberikan.

Untuk itu, PPSDM Migas menugaskan seluruh pejabat fungsional, subkoordinator dan koordiantor di lingkungan PPSDM Migas untuk mengikuti seri seminar Talk and Fun dengan tema Effective Communication pada Jumat (1/7/22) di Ruang Pertemuan Wing Barat Kantor Besar PPSDM Migas.

Seminar yang dimulai pada pukul 08.00 WIB ini menghadirkan Ajeng Raviando dari TALKINC untuk membeberkan apa saja yang harus dilakukan seorang pengajar dan asesor sehingga kegiatan pelayanan di PPSDM Migas dapat berlangsung dengan efektif.

“Ada hal yang penting untuk diketahui bahwa ketika kita berkomunikasi dengan orang lain itu hanya 10 persen kata-kata yang diperhatikan. Posisi selanjutnya adalah 20% dipengaruhi oleh suara sedangkan 70% berhasil atau tidaknya komunikasi ditentukan oleh tampilan visual kita yaitu 10% ditentukan oleh total look dan 60% oleh body language,” jelas Ajeng ketika membuka seminar ini.

Lebih lanjut ia menerangkan bahwa dalam setiap komunikasi yang dibangun harus ada tiga struktur yaitu opening, content dan closing.

“Dalam opening, ada GISI yang diperhatikan yaitu adanya greetings, introduction, story telling dan interaction. Sedangkan di dalam content ada pendefinisian konten, kemudian explore dan menentukan topik. Terakhir adalah closing dengan mengikuti pola yaitu adanya summary, recap dan punchline,” ujar Ajeng dalam seminar yang berlangsung interkatif tersebut.

Seminar yang berlangsung selama hampir dua jam tersebut dibuka oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Energi dan Sumber Daya Mineral (BPSDM ESDM) dan dihadiri oleh Sekretaris BPSDM ESDM, Kepala PPSDM Migas, dan Kepala PPSDM Aparatur.(adv/suko)

Kredit

Bagikan