PPSDM Migas dan PT CPPI Batam Adakan Pelatihan Operator Kran Mobil dan Juru Ikat Beban

user
nugroho 04 Juli 2022, 12:19 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Blora - Ikat Beban atau disebut juga Rigging adalah proses pergerakan beban berat dengan menggunakan tali (baik itu kawat, baja, manila, rantai, hoists, dan peralatan special lainnya). Seorang rigger atau juru ikat beban wajib mempunyai sertifikasi kompetensi karena pekerjaan rigging mempunyai potensi bahaya yang tinggi.

Untuk itu, Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) secara regular mengadakan pelatihan dan sertifikasi untuk Operator Kran Mobil dan Juru Ikat Beban.Pelatihan dilaksanakan bekerja sama dengan PT Citra Pembina Pengangkutan Industrie (CPPI) Batam yang dilanjutkan sertifikasi kompetensi Operator Kran Mobil dan Juru Ikat Beban yang diselenggarakan pada tanggal 17 sampai 28 Juni 2022.

Pemimpin pelatihan, Sri Waluyo Handayani menjelaskan bahwa materi yang diberikan selama pelatihan tentunya akan mendukung peserta untuk dapat merefresh pengetahuannya tentang pelatihan ini.

“Salah satu materi yang diberikan adalah perlunya identifikasi beban dengan cara mengukur dimensi beban (panjang, lebar, tinggi dan bentuk), mengetahui berat beban, menentukan titik berat beban dan mengetahui sifat beban,” ungkapnya.

Selain itu, Waluyo melanjutkan tujuan pelatihan ini untuk memberikan bekal kepada peserta diklat tentang teori praktis operasi pesawat angkat unit mobil crane dan juru ikat beban termasuk tentang keselamatan kerja di lingkungan industri migas. Pelatihan ini ditujukan untuk Tenaga kerja operator kran mobil dan juru ikat beban.

Materi yang diberikan diantaranya Pemeriksaan dan Pemeliharaan Kran, Pengetahuan K3 Industri Migas, Pengoperasian dan Keselamatan Kerja Kran, Praktek Operasi, Dasar - Dasar Rigging dan Alat Bantu Angkat Beban, dan Mekanika Teknik dan Load Chart.

Sebagai informasi tambahan, PT CPPI Batam adalah perusahaan yang bergerak di bidang pengangkutan barang-barang industri merupakan bagian dari Citra Grup Batam sehingga kemampuan dan kompetensi tentang Operator Kran Mobil dan Juru Ikat Beban mutlak diperlukan.(adv/suko)

Kredit

Bagikan