15 Tahun Wujudkan Kedaulatan Energi Nasional, Berikut Capaian Kinerja PHE

user
nugroho 03 Juli 2022, 14:32 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Jakarta - PT Pertamina Hulu Energi (PHE) selaku Subholding Upstream Pertamina genap berusia 15 tahun pada Rabu, 29 Juni 2022 lalu. Banyak prestasi yang berhasil ditorehkan anak perusahaan BUMN, PT Pertamina Persero itu.

PHE sekarang ini mengelola 40 wilayah kerja domestik, 27 wilayah Internasional. Perusahaan tersebut kini berkontribusi penuh dalam mendukung program pemerintah untuk meningkatkan cadangan migas nasional.

Di tahun 2021, Subholding Upstream Pertamina telah menyelesaikan pengeboran pengembangan sejumlah 350 sumur dan 472 sumur workover. Realisasi cadangan 1P untuk migas dan gas sebesar 623 MMBOE pada tahun 2021 atau 117% dari target.

Dalam kinerja Eksplorasi Tahun Buku 2021, Subholding Upstream Pertamina mencatatkan realisasi 12 sumur pengeboran dengan status selesai, penambahan sumberdaya 2C dengan realisasi sebesar 487 MMBOE atau melebihi 110% dari target, realisasi survey seismic 2D sepanjang 1.647 km atau 9% di atas target dan survey seismic 3D sepanjang 396 km2 atau 12% di atas target.

Realisasi kinerja produksi migas tahun 2021 mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Hal ini antara lain dipengaruhi alih kelola Blok Rokan pada bulan Agustus 2021. Sepanjang tahun 2021, Subholding Upstream mencatatkan total volume produksi minyak mencapai 445 MBOPD dan total volume produksi gas bumi mencapai 2.615 MMSCFD.

Perayaan ulang tahun PHE digelar secara hybrid bertemakan “Strengthening Sinergy Optimizing Strategy" tersebut dihadiri oleh jajaran Direksi, Komisaris PHE serta jajaran Direktur Regional dan anak perusahaan.

PHE memiliki strategi unggul berupa peningkatan sinergi dari seluruh anak perusahaan. Kedepannya Subholding Upstream Pertamina akan meningkatkan kinerja hulu migas dengan berbagai kebijakan sebagai rangkaian dari upaya transformasi menuju ketahanan energi nasional.

Direktur Utama PHE, Budiman Parhusip, menyampaikan apresiasi atas pencapaian yang telah diraih oleh PHE. Selama 15 tahun, PHE menjadi bagian dari Pertamina untuk mendukung pemerintah dalam mewujudkan ketahanan, kemandirian dan kedaulatan energi nasional.

"Saya sangat mengapresiasi seluruh capaian-capaian terbaik tersebut. Kami akan terus menjadikan prestasi- prestasi tersebut sebagai motivasi supaya kami terus memberikan upaya terbaik dalam menghadirkan energi dan melayani masyarakat dan bangsa Indonesia," ujar Budiman dalam keterangan tertulisnya yang diterima suarabanyuurip.com, Minggu (3/7/2022).

Komisaris Utama PHE, Rinaldi Firmansyah, menambahkan harapan bagi PHE selaku Subholding Upstream agar secara real mampu mewujudkan sinergi di seluruh anak perusahaan, dan juga mampu menerapkan strategi perusahaan dengan baik di lingkup eksplorasi maupun produksi.

“Sebagai bagian dari Pertamina, Subholding Upstream berkomitmen menjaga prospek bisnis yang berkelanjutan, adaptif dan resilien terhadap transisi energi global, serta komitmen terhadap perlindungan lingkungan hidup, serta berkontribusi pada terwujudnya kemandirian bangsa. Dengan energi yang lebih bersih, bisnis dan operasional yang lebih ramah lingkungan, serta pelestarian lingkungan, Subholding Upstream berupaya untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik,” terang Rinaldi.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati, menekankan bahwa PHE diharapkan untuk terus meningkatkan kinerjanya.

"Saya mengingatkan kepada seluruh Perwira Subholding Upstream, agar selalu memegang teguh aspek HSSE dalam setiap kegiatan operasi yang kita lakukan, bertanggung jawab dan memastikan kepatuhan (compliance) terhadap regulasi, berkomitmen menerapkan Environmental, Social, Governance (ESG), juga senantiasa membina hubungan baik dengan seluruh stakeholders," pesan Nicke.

Selain mendukung target pemerintah untuk ketahanan energi nasional, Subholding Upstream juga berkomitmen mendukung upaya pemerintah mencapai target penurunan emisi dari sektor energi di 2030 dan mendukung aspirasi net zero pemerintah Indonesia di tahun 2060. Program dekarbonisasi merupakan perwujudan salah satu pilar sustainability pathway yaitu environmental and climate change.(suko)

Credits

Bagikan