Camat Gayam Apresiasi LSM Mitra EMCL

user
nugroho 03 Juli 2022, 12:45 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Bojonegoro - Camat Gayam, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Aunur Rofiq mengapresiasi keberadaan lembaga swadaya masyarakat (LSM) mitra operator Lapangan Banyu Urip, Blok Cepu, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL). Keberadaan mereka dinilai turut membantu peran pemerintah dalam pembangunan.

"Saya tidak menyangka sebelumnya kalau di sini banyak LSM atau NGO, dan mereka juga produktif," ujar pria yang dilantik jadi Camat Gayam per 13 Pebruari 2022 lalu.

Aunur, panggilan akrabnya, mengungkapkan, ada sekitar 300 an lebih lembaga baik LSM maupun organisasi masyarakat (Ormas) yang terdaftar di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Bojonegoro. Namun, dari jumlah itu tidak ada setengahnya yang aktif berkegiatan. Bahkan sebagaian di antaranya tidak jelas alamat kantornya.

"Saat saya masih menjabat sebagai Sekretaris Bakesbangpol jumlahnya segitu. Tapi sebegaian besar tidak aktif, tidak pernah ada kegitan," bebernya.

Oleh karena itu, pihaknya mengapresiasi keberadaan LSM mitra EMCL yang digandeng dalam pendampingan program pengembangan masyarakat. Hal sesuai tugas dan fungsi LSM dalam memberdayakan masyarakat dan ikut serta dalam pembangunan di Bojonegoro. Apalagi sekarang ini pemerintah kabupaten (Pemkab) sedang gencar-gencarnya membangun infrastruktur.

"LSM ini kan beda dengan ormas. Kalau ormas lebih ke basis massa. Sedangkan LSM seharusnya ya seperti ini, memberdayakan masyarakat dab membantu peran pemerintah dalam pembangunan," tutur Aunur saat membuka pelatihan tim pelaksana (timlak) program Aksi Kemitraan Pemberdayaan Masyarakat (Patra Daya) EMCL di wisata Puthuk Kreweng beberapa waktu lalu.

Aunur berpesan agar LSM yang aktif berkegiatan dalam pendampingan program pemberdayaan masyarakat di wilayah Gayam dapat membangun dan menjaga komunikasi. Baik dengan pemerintah, perusahaan dan masyarakat.

"Atas nama pemerintah Kecamatan Gayam, saya juga mengucapkan terima kasih kepada EMCL yang sudah memberikan program baik fisik maupun non fisik. Kami harapkan kegiatan ini dapat terus berkelanjutan untuk bersama-sama memajukan wilayah Gayam," pumgkas pria yang lama berdinas di Dinas Pendidikan Bojonegoro itu.

Perwakilan EMCL, Ali Mahmud menambahkan dalam pelaksanaan program pengembangan masyarakat baik fisik maupun non fisik senantiasa melibatkan LSM sebagai pendamping program.

"Ada beberapa LSM yang menjadi mitra perusahaan dalam pendampingan program. Mungkin nanti bisa diagendakan LSM-LSM mitra pendamping program bertemu untuk berkenalan dengan Pak Camat," sambung Ali.(suko)

Kredit

Bagikan