Ini Strategi Subholding Upstream Pertamina Ciptakan SDM Unggul

user
nugroho 30 Juni 2022, 12:44 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Bali - PT Pertamina Hulu Energi sebagai Subholding Upstream memiliki strategi keberlanjutan untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) unggul. Strategi ini sebagai bentuk komitmen perusahaan untuk mendukung kinerjanya agar semakin bergerak masif dan agresif serta menjadi organisasi yang ramping, lincah dan efisien.

“Dengan adanya perubahan restrukturisasi, Subholding Upstream mampu menjawab tantangan dari perubahan secara fundamental,” tegas Budiman Pahursip, Direktur Utama PT Pertamina Hulu Energi selaku Subholding Upstream Pertamina dalam Ajang The 12th Indonesia HR Summit (IHRS) di Bali.

Budiman menjelaskan strategi keberlanjutan Subholding Upstream Pertamina terbagi menjadi dua. Salah satunya adalah foundation initiative. Inisiasi ini mengacu pada aspek sentral guna mendukung optimalisasi penerapan seluruh business initiative, salah satunya adalah aspek Human Capital.

"Trend inovasi yang bergerak semakin cepat dari waktu ke waktu dan dengan adanya inovasi yang akan mengubah arah bisnis ke tingkat yang berbeda, dua hal tersebut telah mendorong perusahaan untuk mempersiapkan para pemimpin masa depan yang adaptif," ujarnya.

Dalam menghadapi perubahan dan kondisi bisnis, lanjut Budiman, Subholding Upstream Pertamina memiliki peta strategi yang bertujuan mendorong pencapaian target perusahaan dari aspek Human Capital.

‘’Strategi tersebut antara lain melalui Strategi managing value & energy, people analytics & digital tool, dan the social enterprise at work yang terbagi ke dalam 3 journey; tahun 2021 sebagai Transition Phase yaitu terbentuknya transformasi organisasi, tahun 2022 sebagai Enhanced Phase sebagai penyempurnaan organisasi, dan tahun 2023 sebagai Go Global Phase, “ jelas Budiman.

Sebelumnya, dalam paparannya, Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto dalam IHRS 2022 menegaskan, kegiatan hulu migas sekarang ini memiliki pekerjaan rumah untuk meng-upgrade SDM yang dimiliki saat ini (existing talent) menjadi SDM yang mumpuni guna menjawab tantangan terkini yang dihadapi.

Dalam menjawab tantangan tersebut, implementasi Strategi Human Capital PHE sebagai Subholding Upstream Pertamina memiliki project initiatives yang telah di desain secara terintegrasi agar fokus pada pengembangan sehingga dapat menciptakan Sumber Daya Manusia yang unggul.

Pada acara IHRS 2022 ini, Subholding Upstream Pertamina juga membuka booth pameran yang menampilkan beberapa program project initiative Human Capital yang sudah dilaksanakan tersebut.

‘’Tantangan masih terus dihadapi dan masih akan terus dilakukan harmonisasi dari sistem, proses dan program khususnya dari aspek Human Capital untuk dapat mendukung kinerja optimal dalam pengelolaan perusahaan, operasi dan pengembangan,“ pungkas Budiman dalam keterangan tertulisnya yang diterima suarabanyuurip.com, Kamis (30/6/2022).(suko)

Credits

Bagikan