EMCL - Yayasan Teras Center Nusantara Latih Timlak Patra Daya 5 Desa

user
nugroho 29 Juni 2022, 13:31 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Bojonegoro - ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama mitra pendamping, Yayasan Teras Center Nusaantara memberikan pelatihan kepada tim pelaksana (Timlak) dari 5 desa penerima manfaat Program Aksi Kemitraan Pemberdayaan Masyarakat) (Patra Daya). Pelatihan dilaksanakan di Pusat Inkubasi Bisnis (PIB) Desa Ringintunggal Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Selasa (28/6/2022) kemarin.

Pelatihan dihadiri Manager Program Yayasan Teras Center Nusanatara Mohammad Bibit, Penanggungjawab Program EMCL Ali Mahmud, Konsultan Teknik EMCL Yani Sandhi Dharma, dan dikuti seluruh timlak dari 5 Desa di Kecamatan Gayam dan Kalitidu. Yakni Desa Manukan, Ringintunggal dan Begadon, Kecamatan Gayam, serta Desa Sukoharjo dan Ngujo, Kecamatan Kalitidu.

Manager Program Yayasan Teras Center Nusantara, Mohammad Bibit menjelaskan pelatihan ini bertujuan untuk membekali timlak supaya daapat memahami secara teknis dalam pembuatan Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan Detail Engineering Design (DED) hingga teknik adminstrasi, dan penyusunan laporan.

"Sehingga program infrastruktur yang dilaksanakan timlak sesuai rencana, baik kualitas, target waktu dan administrasinya," jelasnya dalam keterangan tertulisnya yang diterima suarabanyuurip.com, Rabu (29/6/2022)

Sementara, perwakilan EMCL, Ali Mahmud berharap setelah pelatihan ini timlak Patra Daya mendapat bekal untuk pelaksanaan program hingga selesai tanpa ada kendala apapun.

Setelah acara dibuka oleh Penanggungjawab EMCL, timlak Patra Daya diberi pelatihan oleh Konsultan Teknik EMCL dan Tim Pendamping Yayasan Teras Center Nusantara.

Untuk diketahui, jenis Patra Daya yang diterima masing-masing desa berbeda sesuai kebutuhan dan hasil musyawarah desa (Musdes). Untuk desa Begadon berupa pembangunan pagar balai desa, Desa Manukan Penerangan Jalan Umum (PJU), dan Desa Ringintunggal pembangunan Ruko untuk meningkatkan akses ekonomi masyarakat di Dusun Nyamplo RT.09 RW. 01.

Sementara jenis patra daya di Desa Ngujo berupa Tembok penahan Tanah (TPT) di dusun Kedung Keris, dan Desa Sukoharjo adalah TPT dan normalisasi saluran air.(suko)

Kredit

Bagikan