Pertagas Akan Bangun CNG Plant di Blora

Kamis, 05 Desember 2019, Dibaca : 352 x Editor : rozaqy

Ahmad Sampurno
Sosialisasi Pertagas yang akan Membangun Fasilitas CNG di Kabupaten Blora


SuaraBanyuurip.com - Ahmad Sampurno

Blora - Pertamina Gas (Pertagas) direncanakan akan membangun faslitas produksi Compressed natural Gas (CNG) atau CNG Plant di Kecamatan Jiken Kebupaten Blora Jawa Tengah. Sedangkan gas yang akan diolah berasal dari Lapangan Alas Dara Kemuning (ADK). Lokasinya berada di Desa Nglobo Kecamatan Jiken.

Menurut rencana, anak usaha Pertamina itu akan memasang pipa ukuran 6 inch dari sumur gas hingga CNG plant sepanjang 4,2 Kilo meter (KM) dengan kedalaman 1,5 m.

Baca Lainnya :

    Saat ini, Pertagas masih melakukan tahap sosialisasi untuk memperoleh izin lingkungan. Sebab, nantinya akan dibangun infrastruktur CNP Plant maupun pipanisasi gas.

    Sosialisasi dilaksanakan di Pendopo Kecamatan Jiken, mendatangkan perwakilan warga dan perangkat di tiga desa. Desa Nglobo, Desa Cabak dan Desa Jiken,  Kamis (5/12/2019)

    Baca Lainnya :

      Bisnis Development Pertagas, M Hilman Nasrun, menyampaikan sosialisasi ini bagian dari pengumuman sambil menunggu persetujuan alokasi gas dari Kementerian ESDM. 

      "Setelah alokasi gas sudah disetujui menteri, maka infrastruktur  bisa langsung dilakukan eksekusi," jelasnya usai sosialisasi.

      Dia menyampaikan, untuk Plant of Development (PoD) sumur PEPC-ADK sudah disetujui menteri pada tanggal (20/11/2019) lalu. Namun, untuk alokasi gasnya, masih belum disetujui. Sehingga belum ada Perjanjian Jual Beli Gas (PJBG). 

      "Karena ya menunggu alokasi. Masak mau PJBG tidak tidak ada alokasinya. Nah, sekarang ini masih dilakukan pembahasan antara penjual dan pembeli gas," tuturnya.

      Dikatakan, masa kontrak antara pertagas dengan PEPC-ADK akan dilaksanakan selama 10 tahun. Namun dia berharap, kontrak tesebut nantinya bisa diperpanjang.

      Hilman, sapaan akrabnya, menuturkan jika CNG ini pangsa pasarnya untuk wilayah Jawa Tengah. Sesuai dengan hasil pertemuan yang dilalukan oleh Pertagas dengan Gubernur Jawa Tengah.

      Terpisah, Camat Jiken, Catur Pambudi, menyampaikan, sosialisasi ini dilakukan sebagai bagian dari izin lingkungan. Baik ijin Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup.

      Titik mana saja yang akan dilalui pipa gas, menurutnya masih belum bisa ditentukan. Sebab, setelah dilakukan sosialisasi baru dilakukan survey.

      "Disitu nanti bisa diketahui desa mana saja yang akan dilalui," jelasnya.

       

       

       

       


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more