Bonorejo Sulap Embung Jadi Wisata Taman Tirto

Minggu, 19 Juli 2020, Dibaca : 465 x Editor : nugroho

ririn wedia
INOVATIF : BUMDes Bonorejo menyulap embung menjadi Wisata Taman Tirta yang dilengkapi kolam pancing.


SuaraBanyuurip.com - Ririn Wedia

Bojonegoro - Pemerintah Desa Bonorejo, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, sedang mengembangkan potensi desa. Salah satunya menyulap embung desa menjadi wisata desa yang diberi nama Taman Tirto.

Kepala Desa Bonorejo, Rahmad Aksan, menyampaikan, pengelolaan embung sebagai tempat wisata diserahkan kepada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), sehingga perputaran ekonomi bisa lebih dimanfaatkan anggota.

Baca Lainnya :

    "Secara tekhnis nanti akan dikelola oleh BUMDes," ujarnya kepada suarabanyuurip.com, Minggu (19/7/2020). 

    Ketua BUMDes Bonorejo, Irwan Adi Saputra, menjelaskan sekarang ini sedang memproses segala keperluan pemanfaatan embung yang berasal dari program Corporate Social Responsibility (CSR) dari ExxonMobil Cepu Limited (EMCL). 

    Baca Lainnya :

      "Kami akan mengutamakan program pemancingan terlebih dahulu, baru kemudian membuat taman bermain di sekitar embung," ucapnya dikonfrontir terpisah.

      Menurutnya, potensi wisata di Desa Bonorejo akan semakin berkembang jika didukung pasrtisipasi masyarakat. Seperti pendirian warung makanan dan minuman yang dilengkapi wifi untuk mendukung keberradaan wisata tersebut. 

      "Tapi kita utamakan warga sini dulu yang berjualan. Seteh itu baru yang lainnya," pungkasnya. 

      Camat Gayam Agus Hariana Panca Putra mengapresiasi inovasi yang dilakukan desa-desa di wilayahnya untuk memaksimalkan potensi yang ada. 

      "Keberadaan wisata Taman Tirto di Bonorejo itu akan mendukung wisata desa lainnya yang sudah ada di sini," tegas Agus. 

      Wisata yang sudah ada di wilayah Gayam dimaksud Agus di antaranya Puthuk Kreweng di Desa Mojodelik, Agrowisata Jambu Kristal di Desa Ringintunggal. Selain itu juga ada potensi perahu kuno di Desa Ngraho, dan dalam waktu dekat Embung di Gayam. 

      "Ini akan membuka peluang usaha dan menggerakkan ekonomi warga sehingga dapat mempercepat peningkatan kesejahteraan," pungkas Agus.(rien)  


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more