Harga Kambing Mulai Naik

Kamis, 11 September 2014, Dibaca : 1555 x Editor : nugroho

edy purnomo
KAMBING KURBAN : Menjelang Hari Raya Idul Adha harga ternak khususnya kambing mulai naik.


SuaraBanyuurip.com - Edy Purnomo

Tuban – Hari Raya Idul Adha kurang sebelun lagi. Namun harga ternak khususnya kambing di sejumlah pasar hewan di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, mulai mengalami kenaikan.

Informasi yang dihimpun suarabanyuurip.com, Kamis (11/9/2014), kenaikan harga ternak ini berkisar antara 100 sampai 300 ribu rupiah per ekor.

Baca Lainnya :

    “Seperti biasa sudah mulai naik harganya,” kata penjual ternak, Syahid (38), asal Desa Tasikmadu, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

    Syahid dan pedagang lain memang sudah memperkirakan kebiasaan tahunan ini. Momen dimana sebagian umat muslim melakukan kurban berupa ternak untuk disembelih dan dagingnya dibagikan kepada fakir miskin.

    Baca Lainnya :

      “Jadi bulan-bulan kemarin sengaja beli kambing jantan, tetapi tidak langsung dijual lagi dan menunggu bulan ini,” ujar dia, menjelaskan.

      Pedagang lain, Yuli Purnomo (40), membenarkan kalau kenaikan harga ternak sudah terjadi. Kendati kenaikan harga saat ini belum tergolong tinggi.

      Harga kambing siap kurban, mulai dari terkecil sekarang adalah 1.500.000,-, kambing jantan dengan ukuran sedang adalah 1.900.000,-, sementara untuk kambing jantan dengan ukuran terbesar adalah 2.500.000,-.

      Harga tersebut, mengalami kenaikan sekitar 100 sampai 300 ribu rupiah. Tergantung dengan lokasi di mana kambing tersebut dibeli.

      “Biasanya kalau orang sudah mau berkurban itu tidak terlalu pusing dengan harga, asalkan dia melihat ternak itu sudah layak dan memang dia sudah yakin sehat pasti dibeli,” tandas Yuli.

      Diperkirakan, harga ternak kambing akan terus mengalami kenaikan sampai puncaknya pada kisaran tanggal 1 Oktober tahun 2014 mendatang.(edp)


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more