Nurul Hayat Bojonegoro Wujudkan Impian Anak Yatim Punya Rumah Layak Huni

Selasa, 25 Februari 2020, Dibaca : 304 x Editor : nugroho

Ist/nuru hayat
BEDAH RUMAH : Nurul Hayat melakukan bedah rumah Aulia, anak yatim Desa Ngumpakdalem, Kecamatan Dander.


SuaraBanyuurip.com - Dengan memakai seragam sekolah dasar, Aulia berlari menghampiri ibunya di rumah. Gadis kecil yang biasa disapa Lia, itu diantar guru kelasnya pulang ke rumah menemui tim Nurul Hayat yang datang bersilaturahim.

Selain itu, kedatangan tim Nurul Hayat siang itu sekaligus melihat kondisi rumah yang sebelumnya dikabarkan sudah tak layak huni.   

Rumah Lia berada di RT 026/RW 003 Desa Ngumpakdalem, Kecamatan Dander. Rumah berukuran 8x4 meter itu kondisinya memprihatinkan. Kerangka kayunya terbuat dari glugu-pohon kelapa- banyak yang keropos. Dinding dari anyam bambu pun sudah lapuk dimakan usia. Dibeberapa sudut rumah mulai bolong, sementara lantai tanahnya basah karena rembesan air hujan.

Baca Lainnya :

    Tak ada perabot istimewa di rumah itu. Hanya meja kayu dan kursi plastik untuk Lia belajar. Demikian juga kamar dan dapur, masing-masing dindingnya jebol seukuran orang.

    Sejak lima tahun lalu, tepatnya Lia kelas 1 SD, orangtuanya berencana memperbaiki rumah peninggalan neneknya tersebut. Namun, karena penghasilan, Muntiah, Ibu Lia, sebagai buruh tani tak menentu, niat membetulkan rumah pun belum kesampaian. 

    Baca Lainnya :

      Penghasilan Muntiah hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sementara kakak kandung Lia, sejak kecil diikutkan orang dan disekolahkan.

      "Kami rawat sapi bertahun-tahun, dijual hasilnya hanya cukup sedikit matreal. Lebih banyak untuk kebutuhan sekolah dan sehari-hari," ujar Muntiah.

      Keinginan Muntiah memiliki rumah layak huni akhirnya terwujud. Laznas Nurul Hayat menginisiasi program bedah rumah dan beasiswa anak yatim disaksikan guru kelasnya. 

      "Bismillah, kami mengajak semua pihak bersama-sama mengambil peranan, dalam program bedah rumah anak yatim, semoga menjadi jalan keridhoan Allah SWT untuk kita semua," ujar Suhariyono, Divisi Program Nurul Hayat, Selasa (25/2/2020).(samsul)



      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more