Pemdes Ngraho Budidaya Ikan Lele dan Gurami

Senin, 20 Maret 2017, Dibaca : 2103 x Editor : nugroho


SuaraBanyuurip.comSamian Sasongko

Bojonegoro – Upaya cemerlang agar perangkat desa tidak jenu dan betah mengantor. Pemerintah Desa (Pemdes) Ngraho, Kecamatan Gayam, Bojonegoro, Jawa Timur, selain setiap seminggu sekali mengagendakan kegiatan jumat bersih dan menanam bunga, juga akan membudidaya ikan Lele dan Gurami. Dengan memanfaatkan lahan kosong di belakang balai desa setempat.

“Kita harus kreatif agar perangkat betah ngantor, seperti kegiatan jumat bersih-bersih, tanam bunga sekitar balai desa dan lapangan bola. Termasuk hendak membudidaya ikan lele dan gurami,” kata Kepala Desa (Kades) Ngraho, Samat, kepada suarabanyuurip.com, ditemui di kantor desa, Senin (20/3/2017).

Baca Lainnya :

    Untuk sebagai tempat membudidaya adalah memanfaatkan lahan kosong di belakang balai desa. Dengan jumlah kolam sebanyak enam kolam. Masing-masing kolam berukuran 2,5x10 meter. Satu kolamnya akan ditabur bibit sebanyak dua ribu bibit. Upaya ini dilakukan juga memberikan contoh kepada warga agar bisa meniru. Sehingga dapat meningkatkan perekonimiannya.

    “Sebagai pemimpin tidak hanya menyerukan saja, tapi juga harus memberikan contoh kepada warga. Sedangkan untuk modalnya budidaya lele dan gurami ini adalah swadaya, yaitu semua urunan dari perangkat,” ungkap Kades ring satu proyek Banyuurip, Blok Cepu ini.

    Baca Lainnya :

      Sekretaris Desa (Sekdes) Ngraho, Suparno, menambahkan, untuk membudidaya ikan lele dan gurami diperkirakan menghabiskan dana sekira Rp5 juta. Rincianya Rp2 juta beli bibit ikan lele, Rp1 juta beli bibit ikan gurami, Rp1,5 juta untuk beli terpal, dan Rp500 ribu untuk membeli bambu.

      “Untuk tenaga tidak kita hitung atau tidak bayar. Kolam sudah siap tapi belum ditabur bibit masih diberi prebiotik agar nanti saat ikan ditabur tidak stress. Rencana penaburan bibit pada hari Selasa sore,” kata Suparno.

      “Semoga apa yang kita lakukan ini berhasil, dan bermanfaat bagi kita semua," pungkasnya.(sam)


      Ada 1 komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

      Silvie Amelia, Kamis, 23 Maret 2017 09:45
      Kusuka gayamu pak pejabat..Ini nih yang bikin semangat rakyat.. Budidaya Ikan Hias

Show more