Semarak Kemerdekaan di Ladang Migas Blok Cepu

Sabtu, 08 Agustus 2020, Dibaca : 584 x Editor : nugroho

Didik jatmiko
SEMARAK : Salah satu gapura hias di lingkungan Desa Gayam, ring satu Lapangan Minyak Banyu Urip, Blok Cepu.


SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Bojonegoro - Pemerintah Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, menggelar lomba tingkat desa dan dusun di wilayahnya untuk menyemarakkan peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke 75 Republik Indonesia.

Ada dua lomba yang digelar di wilayah ring satu Lapangan Minyak Banyu Urip, Blok Cepu-sebutan lain Kecamatan Gayam. Yakni semarak kemerdekaan dan lomba kebersihan lingkungan. Untuk lomba semarak kemerdekaan meliputi pemasangan bendara merah putih, umbul-umbul di masing rumah warga dan gapura hias.

Baca Lainnya :

    "Sedangkan lomba kebersihan lingkungan diantaranya meliputi fasilitas publik seperti jalan lingkungan, balai desa, tempat peribadatan, dan rumah-rumah warga," ujar Camat Gayam, Agus Hariyana kepada suarabanyuurip.com, Sabtu (8/8/2020).

    Agus menjelaskan ada dua kriteria perlombaan yakni desa luas dan kecil. Perlombaan melinatkan tim juri dari pemerintah kecamatan, polsek, posramil, dan karang taruna kecamatan. 

    Baca Lainnya :

      "Juara akan kita umum pada resepsi HUT RI di kecamatan," ucapnya.

      Agus berharap melalui lomba tersebut dapat meningkatkan semangat patriotisme dan cinta tanah air. Selain itu menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk bergotong-royong menjaga kebersihan lingkungan.

      "Apalagi pandemi seperti sekarang ini masyarakat harus membiasakan hidup bersih dan sehat," tegas Agus.

      Kepala Desa Bonorejo, Rachmad Aksan mengaku telah mendapat surat edaran lomba semarak kemerdekaan dan kebersihan lingkungan dari Pemerintah Kecamatan Gayam. Sebagai tindaklanjutnya telah dibentuk tim HUT ke 75 RI tingkat desa. 

      "Sudah kita rapatkan dan bentuk panitia desa," ucap Aksan, panggilan akrabnya, dikonfirmasi terpisah. 

      Aksan menjelaskan panitia HUT ke 75 RI Desa Bonorejo juga akan menyelenggarakan lomba gapura hias dan kebersihan linkungan di tingkat rukun tetangga (RT) untuk mendukung perlombaan tingkat kecamatan. Masing-masing RT mendapatkan bantuan yang sudah dianggarkan dalam APBDes.

      "Ada bantuan stimulus untuk 8 RT. Karena pandemi anggaran perayaan agustusan yang biasanya kita alihkan untuk kegiatan yang tidak mengundang kerumunan, seperti pembuatan gapura dan pembelian lampu hias. Sehingga kedepan masing-masing RT memiliki lampu hias dan tidak usah beli lagi," terangnya. 

      Aksan berharap dengan perlombaan ini dapat menyemarakkan peringatan HUT ke 75 RI dan mempercantik masing-masing RT.

      "Selain itu dengan lomba kebersihan lingkungan antar RT ini dapat mencegah sebaran Covid-19, dan penyakit demam berdarah," pungkas pria yang tiga kali menjadi kepala desa itu.(suko) 




      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more