Soal Unas Dijaga Ketat

Kamis, 03 April 2014, Dibaca : 1796 x Editor : nugroho

ririn wedia
BENAHI KUNCI : Anggota Polres Bojonegoro membenahi kunci ruangan untuk penyimpanan soal Unas


SuaraBanyuurip.com - Ririn Wedia

Bojonegoro  - Pendistribusian naskah soal ujian nasional (Unas) tingkat SMA di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur mengalami perubahan dari tahun sebelumnya. Jika sebelumnya naskah soal didistribusikan saat mendekati pelaksanaan unas, namun untuk tahun ini pendistribusian naskah unas sudah dilakukan, meskipun pelaksanaan unas akan dilakukan pada 14 April mendatang.

Kepala Bidang SMP, SMA/SMK Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bojonegoro, Rasmaji mengatakan, jika pihaknya kini masih mengantri untuk mengambil soal unas di gedung Betro, Sedati, Sidoarjo.

Baca Lainnya :

    "Kita dapat nomor antrian 21, diperkirakan nanti malam baru selesai," ujarnya, Kamis (03/4/2014).

    Dalam pengambilan soal unas dilakukan oleh delapan orang. Yakni, dari pihak kepolisian, dua anggota, Kemenag satu orang, PNFI satu orang, Disdik empat orang dan dari pengawas perguruan tinggi Unair dan Unesa.

    Baca Lainnya :

      "Setelah kita ambil soal, langsung disimpan di gedung Satlantas Polres Bojonegoro, dan dijaga ketat oleh petugas," jelasnya.

      Rasmaji menegaskan, meskipun pendistribusian soal unas lebih awal, pihaknya menjamin tidak akan terjadi kebocoran. Sebab, setibanya di Bojonegoro seluruh naskah soal unas disimpan di sebuah tempat khusus dengan sistem pengamanan bertingkat. Ada tiga kunci gembok untuk mengamankan soal unas itu. Ketiga kunci akan dibawa oleh petugas Kepolisian, Pengawas dan pegawai Diknas Bojonegoro.

      "Kuncinya nanti ada tiga, satu dipegang pengawas dari Perguruan Tinggi Unair, Kepolisian dan Petugas Diknas sendiri. Jadi dipastikan aman. Dalam waktu sehari semalam pengamanannya menggunakan dua sift," terangnya.

      Sementara, Kapolres Bojonegoro, AKBP Ady Wibowo, mengatakan, jika pengamanan yang dilakukan akan disesuaikan dengan ekskalasi tahapan unas. Ia mengungkapkan, pada prinsipnya ia berharap agar pelaksanaan unas ini tidak terjadi sabotase atau bentuk kecurangan lain yang bisa mencederai dunia pendidikan.

      "Kita atensikan dengan pihak PAM unas agar tidak terjadi kerusakan, sabotase ataupun hal lain yang dapat mengganggu jalannya unas," tegas dia.

      Selain persiapan secara pengamanan petugas, anggota Polres Bojonegoro juga terlihat sedang memperbaiki gembok pintu gedung yang akan digunakan untuk menyimpan soal unas. Selain itu, gedung yang biasanya digunakan untuk bermain bulu tangkis setiap malam itu juga dibersihkan. Sehingga mengurangi terjadinya kerusakan soal.

      Dalam pelaksanaan unas tahun ini peserta unas tingkat SMA sederajat mulai dari Diknas maupun Kemenag akan diikuti sebanyak, 4.956 siswa SMA, 3.379 siswa MA, 4 siswa SMALB, dan 5.578 siswa SMK. Sedangkan, jumlah pengawas SMP/MTs, 2.156 orang, SMA/MA 1.099 orang dan SMK 626 orang.(rien)


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more