Tasyakuran Malam Kemerdekaan di Blok Cepu Berlangsung Meriah

Minggu, 16 Agustus 2020, Dibaca : 694 x Editor : nugroho


SuaraBanyuurip.com - Winarto

Bojonegoro - Malam Hari Kemerdekaan ke 75 Republik Indonesia di wilayah Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, berlangsung semarak, Minggu (16/8/2020). Desa-desa di ring satu Lapangan Minyak Banyu Urip, Blok Cepu, menggelar tasyakuran.

Warga dengan suka rela membawa tumpeng untuk dikumpulkan menjadi satu. Orang tua, pemuda, anak-anak baik laki-laki maupun perempuan tumplek blek di jalan lingkungan.

Baca Lainnya :

    Mereka duduk lesehan di atas gelaran tikar. Kemudian warga memanjatkan doa kepada para pejuang yang telah berjuang merebut kemerdekaan. Doa dipimpin tokoh agama setempat. Setelah itu tumpeng yang dibawa di-brencah- bersama.

    Seperti tasyakuran malam kemerdekaan di lingkungan RT001, RW001 Desa Gayam. Tasyakuran digelar di atas jalan beton cor yang selesai dibangun. 

    Baca Lainnya :

      "Ini sebagai bentuk syukur warga dan menghormati jasa para pahwalan yang sudah merebut kemerdekaan," ujar tokoh masyarakat setempat, Suparno.

      Menurut Parno, panggilan akrabnya, tumpeng yang dijajar sepanjang 75 meter. 

      "Ini sesuai Hari Kemederkaan RI yang ke 75," tegas anggota DPRD Bojonegoro itu.

      Kegiatan serupa juga dilaksanakan warga Desa Begadon. Tasyakuran malam 17 Agustus sudah menjadi acara rutinitas untuk mendoakan para pahlawan yang telah gugur memperjuangkan kemerdekaan. 

      Tumpeng tahun ini lebih meriah dari tahun sebelumnya karena tempatnya dipusatkan menjadi satu. Ada 100 tumpeng lebih dibuat warga secara sukarela.

      "Tahun ini dipusatkan di perempatan desa dan halaman masjid. Kalau tahun sebelumnya di RT masing - masing," ujar Kepala Desa Begadon, Hariono.

      Tasyakuran malam kemerdekaan digelar dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan karena masih dalam masa pandemi virus corona atau Covid-19.

      "Dipusatkan di satu tempat ini atas masukan warga. Dan saya mewakili pemerintah desa sangat terharu melihat kerukunan warga,"  pungkas Hariono. 

      Warga berharal melalui tasyakuran kemerdekaan ini Idonesia segera terbebas dari virus corona. Tasyakuran juga dihadiri Babinsa Posramil Gayam.(win)



      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more