Wartawan Tuban Mengajar Jurnalistik di Sekolah

Peringati Hardiknas

Jum'at, 02 Mei 2014, Dibaca : 1738 x Editor : nugroho

edy purnomo
SAMPAIKAN MATERI : Salah satu wartawan di Tuban saat mengajar ilmu jurnalistik kepada pelajar MAN Tuban.


SuaraBanyuurip.com - Edy Purnomo

Tuban – Peringati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), wartawan yang tergabung dalam Ronggolawe Press Solidarity (RPS) mengajar siswa dan siswi di Kabupaten Tuban, Jumat (2/5/2014).

Kegiatan yang bertajuk Sekolah Jurnalistik tersebut, diadakan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tuban, Jalan Hos Cokroaminoto, Tuban. Di lokasi, tampak beberapa pelajar terlihat asyik menyimak materi demi materi yang diberikan sejumlah jurnalis Tuban.

Baca Lainnya :

    “Tentunya ya mengajar jurnalistik, sesuai dengan bidang profesi kita,” jelas Dion Fajar Arianto, jurnalis Trans 7 yang ikut berada di lokasi.

    Ketua RPS, Khoirul Huda, mengatakan, kalau anggota RPS sengaja menyisihkan waktu pada Hardiknas kali ini. Dengan harapan bisa sedikit memberikan kontribusi kepada pelaku pendidikan. Termasuk mengenalkan profesi jurnalis kepada siswa dan siswi yang ada di Kabupaten Tuban.

    Baca Lainnya :

      “Termasuk kita juga ingin merasakan jadi pengajar,” kata jurnalis Harian Bhirawa ini mengatakan.

       Sementara itu, ada beberapa materi yang disampaikan kepada siswa hari ini. Diantaranya mengenai pengenalan dan dasar jurnalistik, teknik reportase dan wawancara, teknik penulisan berita, dan terakhir adalah melakukan simulasi dan praktek langsung bersama siswa.

      “Prakteknya adalah melakukan liputan, wawancara, hingga mengemasnya ke dalam bentuk berita,” kata Huda.

      Kegiatan ini mendapatkan apresiasi dari segenap pendidik. Salah satunya adalah Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan MAN Tuban, Suminto. Dia menyatakan, jika siswa membutuhkan pengetahuan jurnalistik langsung dari pelaku profesi ini.

      “Kalau bisa malah pelatihan dan kegiatan seperti ini bisa sering diadakan di sekolah,” kata Suminto menjelaskan. “Pengetahuan ini penting supaya siswa dapat membenahi majalah sekolah,” lanjut Suminto.(edp)


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more