Razia Masker Mulai Rambah Kecamatan

20850

SuaraBanyuurip.com – Teguh Budi Utomo

Tuban – Tim Operasi Patuh Protokol Kesehatan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Kabupaten Tuban, Jawa Timur mulai melakukan razia ke wilayah kecamatan, Kamis (3/9/2020).

Pada hari kedua pelaksanaan operasi tim gabungan dari jajaran Pemkab Tuban,  Dinas Kesehatan, Satpol PP, Polres, dan Kodim 0811/Tuban tersebut, melakukan razia di Pasar Desa Margomulyo, Kecamatan Kerek. Mereka juga melakukan edukasi, sosialisasi Perbup Nomor: 65 tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan, dan Surat Edaran (SE) tentang pembatasan jam malam.

Dari lokasi tersebut, sebanyak 51 orang terjaring operasi karena tidak memakai masker. Satpol PP menyita kartu identitasnya, untuk selanjutnya dikenai sanksi sesuai Perbup 65.

Sekda Tuban, Dr Budi Wiyana, mengatakan,  penerjunan tim gabungan ke wilayah kota  kecamatan sebagai bentuk sosialisasi, edukasi, dan penegakan terhadap Perbup tentang penanggulangan Covid-19.

“Operasi Patuh Protokol Kesehatan akan digelar secara masif dan menyasar seluruh wilayah kecamatan ini, sebagai upaya saling menjaga dan melindungi warga dari bahaya Covid-19,” kata Budi Wiyana.

Baca Juga :   171 Warga Cepu Terjaring Razia Prokes

Di lapangan, ujar Budi, tim bergerak melakukan sosialisasi, edukasi, sekaligus penegakan Perbup tersebut. Di lokasi mereka melakukan tes rapid bagi pelanggar Perbup, serta siaran keliling di wilayah Kecamatan Kerek.

Camat Kerek Sugeng Purnomo mengatakan,  datangnya tim gugus tugas Kabupaten Tuban menggelar Operasi Patuh Protokol Kesehatan di wilayahnya menguntungkan warga. Apalagi disertai tes rapid karena potensi penyebaran Covid-19 di  Kerek cukup tinggi.

“Dengan operasi ini memberikan tenaga lebih bagi kami tim gugus Kecamatan Kerek dan menunjukan bahwa tim gugus mulai pusat sampai di bawah di tingkat desa benar-benar aktif,” kata Sugeng Purnomo.

Ia akui, masih banyak masyarakat Kerek mengabaikan saran gugus tugas kecamatan. Padahal sudah melaksanakan sosialisasi, patroli, dan pembagian masker.

Ini terbukti dengan masih banyaknya masyarakat yang terjaring operasi. Padahal tim Gugus Tugas Kecamatan Kerek telah membuat masker, dan dibagikan kepada warga.

“Kami sudah menyediakan 15 ribu masker dengan harapan masyarakat jika ke luar  rumah memakainya,” harap Sugeng. (tbu)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA BANYUURIP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *